Warga Binaan Rayakan Natal Di Gereja Rutan Surabaya

SIDOARJO – Tingginya tembok rutan tak menghalangi datangnya berkah natal bagi warga binaan di jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim.

Hari ini (14/12), puluhan warga binaan Rutan dan Lapas Surabaya menggelar perayaan Natal dari balik jeruji.

Para warga binaan merayakan natal bersama Gereja New Life Chruch yang diasuh oleh Pendeta Oricilia. Warga binaan mengikuti jalannya rangkaian acara perayaan natal dengan khidmat.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono menyebutkan bahwa kegiatan ini termasuk dalam program pembinaan kerohanian.

“Perayaan ini jadi upaya kami untuk memenuhi hak memeluk agama dan menjalankan perintah agama bagi setiap warga negara,” ujar Krismono.

Krismono berkisah, sebelum pandemi, Natal selalu jadi momen spesial bagi warga binaan. Pasalnya, pada momen Natal, ada kunjungan dan acara khusus untuk keluarga besar warga binaan. Namun, sejak pandemi tahun lalu, kegiatan itu ditiadakan.

Baca Juga:  Kumham Jatim Berikan Apresiasi Kepada Stakeholder Terkait

“Tahun ini sama, namun kami fasilitasi dengan pelayanan video call gratis untuk warga binaan,” lanjutnya.

Dia berharap, berkah Natal bisa dirasakan oleh seluruh warga binaan. Sehingga, para warga binaan bisa lebih sabar dan tabah menjalani hukumannya.

“Ibadah rutin juga kita fasilitasi, agar rohani warga binaan bisa lebih kuat,” terang Krismono.

Sementera itu, Kepala Rutan kelas I Surabaya Wahyu Hendrajati yang diwakili oleh kasi Pelayanan Tahanan, Sukarna mengajak seluruh yang hadir di dalam gereja Efesus Rutan kelas I Surabaya untuk menyebarkan damai natal. Khususnya kepada seluruh teman-teman warga binaan.

Baca Juga:  Krismono Minta Rutan Surabaya Bisa Raih Predikat WBK Tahun 2020

“Semoga damai natal bisa dirasakan oleh seluruh yang hadir disini maupun yang berhalangan untuk hadir,” ujar Sukarna.

Kegiatan perayaan Natal di gereja Efesus kali ini dilakukan secara hybrid. Warga binaan Rutan Surabaya mengikuti secara langsung.

Sedangkan jamaah dari Lapas Surabaya (Latubaya) mengikuti kegiatan melalui sambungan virtual. Ibadah yang dipimpin oleh Pendeta Dennis Daniel itu mengajak seluruh yang hadir untuk merasakan suka cita Natal kali ini meskipun ini merupakan natal kedua kalinya di masa pandemi. (Red)