Virus Menular Hewan Sangat Berbahaya

JAKARTA – Anggota Komisi IV DPR RI Sulaeman L. Hamzah menilai penyakit hewan ternak yang menular kepada manusia sudah sangat berbahaya dan mengkhawatirkan.

Untuk itu dibutuhkan perhatian khusus dan penanganan yang benar dari seluruh elemen masyarakat, agar penyebaran penyakit hewan tidak lagi memakan jumlah korban.

“Virus hewan itu seperti AIDS, menularnya sangat cepat terutama kepada manusia dan tidak ada obatnya. Untuk itu harus ada penanganan yang serius,” papar Sulaeman saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komisi IV DPR RI dengan Persatuan Dokter Hewan Seluruh Indonesia di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Baca Juga:  Komisi IV Minta Bulog Perbaiki Kualitas Beras Rastra

Anggota Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) DPR RI ini mengatakan, untuk mencegah penularan penyakit hewan yang lebih besar kepada manusia, seluruh hewan yang sudah terjangkit virus berbahaya agar segera direlokasi ke tempat-tempat tertentu, sehingga tidak menular juga kepada hewan sehat lainnya.

Sulaeman juga menyarankan agar hewan-hewan itu diberikan vaksin agar lebih kebal terhadap penyakit ini. Ia menambahkan, dibutuhkan payung hukum yang tepat dan kuat dalam mengawal dan mengawasi permasalahan tersebut, dikarenakan masalah penyakit hewan ini sudah tidak mungkin diselesaikan tanpa bantuan Pemerintah.

Baca Juga:  Komisi IV Minta Bulog Perbaiki Kualitas Beras Rastra

“Dibutuhkan payung hukum yang tepat dan kuat untuk mengawal permasalahan ini untuk menjawab permasalahan ini semua. Paling tidak Undang-Undang yang ada harus direvisi. Sebagai contoh jika diberikan vaksin untuk mencegah kan tidak mungkin merata, karena banyak hewan ternak yang tersebar seluruhnya,” kata Sulaeman. (tn/sf)