Upaya Implementasi Corporate University, Susy Susilawati Bagikan Pengalaman Pribadi

SURABAYA – Kanwil Kemenkumham Jatim berupaya mengimplementasikan corporate university (corpu) yang menjadi program prioritas melalui kegiatan learning by expriences.

Hari ini (7/1) Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati berbagi pengalaman pribadi kepada seluruh kepala UPT jajaran.

Ditemani para kadiv, Kakanwil pertama-tama menyampaikan instruksi Menteri dan Sekjen Kemenkumham. Dia mengaku diminta membagi pengalaman. Terutama kiat-kiat bagaimana tetap survive menjadi kakanwil di beberapa wilayah Pulau Jawa.

Susy pun bercerita mulai dari latar belakang keluarga, perjuangan saat menjadi taruni di AKIP hingga pengalamannya menjadi pejabat dan pimpinan tinggi.

Baca Juga:  3 UPT Jajaran Kemenkumham Jatim Berpotensi Raih WBK, 2 Lainnya Punya Peluang WBBM

Metode sharing experince ini dilakukan karena peningkatan SDM tidak hanya lewat pembelajaran secara klasikal. Tapi yang non-klasikal. Dimana organisasi menjadi bagian dari pembelajaran.

“Biasanya kita sering baca kisah inspiratif tokoh besar dari buku, saat ini pimpinan pun bisa membagikan hal yang sama berdasarkan pengalamannya,” ujarnya.

Selain itu, Susy juga menyampaikan arahan Menkumham yang tidak ingin jajarannya biasa-biasa saja. Tujuannya adalah untuk mempercepat langkah. Tidak ada lagi penundaan-penundaan atau keterlambatan.

“Jangan lagi ketika instruksi sudah sampaikan, ada laporan ‘akan’, ‘sedang’ atau ‘hampir’. Tapi tugas tersebut harus sudah selesai,” tegasnya.

Baca Juga:  Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Berikan Penguatan WBK/WBBM

Selanjutnya, Susy meminta jajarannya untuk mempelajari dan meresapi janji kinerja. Setelah itu, ditindaklanjuti dengan menyusun rencana strategis yang berkaitan dengan janji kinerja tersebut.

“Pak Sekjen mengharuskan semua kegiatan didokumentasikan. Jangan hanya foto, tetapi juga video. Sehingga di akhir tahun ada dokumentasi yang baik,” terangnya. (AF)