ULP Kanim Tanjung Perak di Pasar Atom Mall Cegah Praktik Pungli dengan Layanan OSS

SURABAYA – Unit Layanan Paspor (ULP) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak di Pasar Atom Mall menerima 1.200 pembuatan paspor calon jamaah haji (CJH) dari Kabupaten Lamongan.

Dari jumlah itu, hari ini, Jumat (24/1), ULP Pasar Atom Mall sudah menyelesaikan sekitar 800 paspor calon jamaah haji dari Kabupaten Lamongan.

“Alhamdulillah mulai tanggal 7 Januari hingga hari ini kita sudah menyelesaikan sekitar 800 paspor calon jamaah haji dari Lamongan, jadi tinggal 400 paspor lagi yang belum terselesaikan,” kata Meylando Yoga Perdana selaku Kepala Penyelia ULP Kanim Tanjung Perak di Pasar Atom Mall, Jumat (24/1).

Dijelaskan Lando sapaan akrabnya, bahwa sisa 400 kuota calon paspor jamaah haji dari Kabupaten Lamongan itu akan diselesaikan dalam satu atau dua minggu kedepan.

“Insya Allah, sisa 400 calon jamaah haji yang belum selesai paspornya akan dapat kami tangani dalam maksimal dua minggu kedepan, jadi biar para calon jamaah haji itu akan lebih tenang sebelum berangkat menjalankan ibadah ke tanah suci,” jelasnya.

Baca Juga:  Jaga Kedaulatan NKRI, Ini Peran Intelijen Imigrasi Tanjung Perak

Selain meningkatkan layanan penerbitan paspor calon jamaah haji, ULP Kanim Tanjung Perak di Pasar Atom Mall ini juga terus meningkatkan layanan terhadap para pemohon paspor lainnya.

Salah satunya dengan menerapkan sistem One Stop Service (OSS) kepada para pemohon paspor.

“Jadi dengan sistem OSS ini akan dapat memangkas waktu pemohon paspor disini, karena dengan sistem OSS, pemohon yang datang di hari itu akan dilayani pada hari itu juga, jadi tidak perlu bolak-balik ke kantor Imigrasi,” ungkapnya.

Ditambahkan Meylando, dalam satu hari, ULP Pasar Atom Mall dapat melayani 200 pemohon paspor. 100 pemohon paspor haji, dan 100 paspor biasa.

Sistemnya juga menggunakan pendaftaran online. Hal itu menurutnya untuk mencegah parktik percaloan di layanan paspor.

“Satu hari kami terima kuota 200 paspor, 100 paspor haji, 100 paspor biasa. Pendaftaran juga menggunakan antrian online untuk memangkas praktik calo di Kanim Tanjung Peraj,” tuturnya.

Pelayanan Bebas Praktik Pungli

Sementara itu, Novie Harianto salah satu pemohon paspor yang akan berangkat umroh beserta istrinya itu sangat mengapresiasi layanan yang diberikan oleh petugas ULP Pasar Atom Mall.

Baca Juga:  Imigrasi Tanjung Perak Gelar Rapat Koordinasi TIMPORA

“Layanan disini sangat baik sekali, pertama kami daftar melalui online untuk mendapatkan antrean, hari ini datang dan menunggu beberapa menit sudah proses foto, dan tinggal menunggu hasilnya dalam waktu tiga hari kerja,” puji Letnan Satu (Lettu) Marinir Novie Harianto usai melakukan foto paspor.

Novie berharap, layanan publik seperti di ULP Pasar Atom Mall ini harus diterapkan di setiap tempat layanan publik lainnya.

“Semoga di layanan publik lainnya juga diterapkan seperti di ULP Pasar Atom Mall, agar masyarakat dapat mendapatkan layanan publik yang bagus dan tanpa ribet. Jadi masyarakat yang mau buat paspor langsung saja ke ULP Pasar Atom Mall, karena layanannya sangat mudah dan bisa kita ngurus sendiri tanpa melalui calo atau pihak lain,” ujar pria yang juga aktif sebagai Anggota TNI itu. (AF)