Tolak Revisi UU Ketenagakerjaan, Ratusan Buruh Demo di Dua Titik

SURABAYA – Sejumlah kelompok dari federasi serikat buruh diantaranya, Pekerja Kimia, Energi, Pertambangan, Minyak, Gas Bumi dan Umum (FSP KEP Jatim) serta Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) terlihat berkumpul untuk menggelar unjuk rasa di dua tempat sekaligus.

Aksi yang digelar massa buruh ini sebagai bentuk penolakan terhadap revisi UU Ketenagakerjaan.

Rencananya dua titik unjuk rasa itu yakni di Gedung DPRD Jatim, Jalan Indrapura dan Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Kota Surabaya, Rabu (2/9/2019).

Baca Juga:  Pelantikan Pimpinan DPRD Jatim, Gubernur Khofifah: Jawa Timur Perlu Terobosan dan Percepatan

Sebelum ratusan buruh ini berkumpul di beberapa titik, seperti depan Gedung Dishub Jatim Jalan Ahmad Yani, dan Kebun Binatang Surabaya (KBS) untuk menunggu rombongan yang masih belum datang.

Pantauan dilokasi, ratusan buruh mulai berdatangan sekitar pukul 09.00 WIB tadi. Dengan memakai atribut serta membawa poster, peserta unjuk rasa didominan mengendarai sepeda motor ini sempat membuat lalu lintas lumpuh.

Ada tiga tuntutan dalam aksi tersebut, yaitu menolak revisi UU Ketenagakerjaan, menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan, dan menolak revisi PP No 78 Tahun 2015. (Ady)