Tipu Korban Ratusan Juta, David Richard Waworuntu Dilaporkan ke Polrestabes Surabaya

SURABAYA – David Richard Waworuntu, warga perumahan Wisata Bukit Mas Kota Surabaya bakal berurusan dengan pihak Kepolisian.

David dilaporkan oleh Tommy Han, warga Kecamatan Semampir, Kota Surabaya ke Polrestasbes Surabaya terkait dugaan kasus penipuan sesuai surat Laporan Polisi Nomor : LP/B/639/VIII/RES.1.11/2020/UM/JATIM tanggal 10 Agustus 2020 lalu.

Tommy Han menceritakan bahwa dirinya sebagai korban dugaan penipuan itu berawal dari perkara yang sedang dijalaninya di kepolisian. Saat sedang berproses itulah dirinya bertemu dengan David Richard Waworuntu menawarkan menyelesaikan kasus yang menjeratnya itu.

“Kami berbicara panjang lebar hingga akhirnya dia (David,red) mengaku bisa menghentikan kasus yang sedang saya alami di pihak Polda Metro Jaya dengan menyediakan uang sejumlah ratusan juta,” ucap Tommy dalam keterangannya, Senin (30/11/2020).

Tommy melanjutkan bahwa uang yang diminta David itu nominalnya sebesar Rp 365 juta akhirnya diberikan dengan dijanjikan kasus yang sedang jalani dihentikan atau mendapat Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3).

“Karena dia cerita panjang lebar kenal pejabat Polda Metro Jaya akhirnya saya percaya dan menyerahkan uang itu. Kata dia uang untuk diberikan ke penyidiknya agar kasus yang sedang saya jalani bisa dihentikan (SP3),” ulas Tommy.

Alih-alih, kasus tersebut dihentikan, justru saat ini kasus tersebut dilanjut oleh pihak kepolisian. “Nyatanya kasus saya dilanjut,” ungkap Tommy.

Ia pun berusaha menghubungi David dan menanyakan uang yang telah diberikan tersebut namun nomor telfonnya tidak pernah aktif.

“Akhirnya saya putuskan melapor ke pihak kepolisian juga,” terangnya.

Sementara saat ditemui dikantornya, karyawan David bernama Robet mengatakan bahwa yang bersangkutan (David) telah pergi ke Jakarta. Ketika awak media berusaha mengkonfirmasi David melalui sambungan telepon selulernya tetapi nomornya tidak aktif. (Red)