Tingkatkan Layanan Publik, Romi Yudianto Resmikan Media Center

BATAM – Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Romi Yudianto terus melakukan inovasi pelayanan publik setelah menjabat kurang lebih dua bulan. Kali ini Romi membuat media center yang selama ini tak ada di Kanim Batam.

Dia menjelaskan bahwa Media Center ini diperuntukkan untuk Layanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas). Selain itu, Media Center ini dapat semakin mempererat hubungan dan sinergitas antara Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam dengan pihak media dalam rangka mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Tetapi masyarakat umum juga bisa nanya-nanya ke sini. Terkait soal pelayanan publik paspor. Apa dan bagaimana itu pengurusan paspor. Karena kami stand by kan di sini seorang staf. Khusus yang melayani pengaduan publik,” katanya, Selasa (25/2/2020) saat meresmikan ruang media center.

Baca Juga:  Imigrasi Soekarno Hatta Ungkap Visa Elektronik Palsu Tiga Warga Asing Asal India

Romi mengatakan, ruang keterbukaan informasi publik di seluruh instansi dijamin Undang-undang. Yakni dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dalam pasal tersebut menegaskan sebagaimana dalam Pasal 28 F, bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, dan menyimpan Informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

“Jadi silakan. Kami juga punya portal berita Jurnal Kumham. Baik tabloid maupun online. Semua kami kupas terkait kinerja kami. Semua data kami transparan. Jadi sekarang tidak jaman ditutup-tutupi lagi. Di sini cukup nyaman. Ada juga Wi-Fi gratis,” terangnya.

Sementara itu, Badan Diklat Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Kepulauan Riau Helmi mengapresiasi langkah Romi Yudianto.

Baca Juga:  Kanim Tanjung Perak Deportasi WNA Asal China, Terkait Izin Tinggal

Ia mengatakan, ke depan, wilayah kerja Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Kepulauan Riau akan menggelar Diklat untuk wartawan.

“Guna mengetahui apa saja informasi yang dibutuhkan publik. Jadi jika sudah ada kesamaan persepsi maka pelayanan publik akan terselenggara dengan baik,” kata Helmi.

Sebelumnya, belum lama ini Kanim Kelas I TPI Batam juga telah sukses membuat inovasi yaitu pelayanan paspor mobil ke instansi swasta, perusahaan, lingkungan pendidikan, dan pelayanan paspor 24 jam khusus orang sakit.

“Inovasi pelayanan tersebut untuk orang sakit, kami siap ke rumah orang itu atau di rumah sakit. Dengan syarat, ada surat rujukan dari rumah sakit,” tutup Kabid Doklan Intalkim Kanimsus Batam, Guntur Sahat Hamonangan. (AF)