Tingkatkan Kompetensi Pegawai, Kakanwil Kemenkumham Jatim Lakukan Penguatan SDM

SURABAYA – Rangkaian peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) 2019 di Kanwil Kemenkumham Jawa Timur dimulai hari ini (11/10).

Para pimti pratama memberikan penguatan kepada seluruh pegawai dalam rangka peningkatan kompetensi. Kegiatan diawali dengan sarapan bersama untuk menumbuhkan jiwa korsa.

Hampir seluruh pimti pratama hadir, kecuali Kadiv Keimigrasian yang sedang melakukan kunjungan ke daerah. Forum langsung dipimpin Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati.

“Ini bagian dari upaya membangun kebersamaan dan jiwa korsa kita,” ujarnya.

Usai sarapan, Susy langsung menyampaikan materi transformasi yang sudah berulang kali disampaikan Sekjen Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto. Menurut Susy, saat ini zaman menuntut perubahan. Agar hidup menjadi lebih menarik.

Baca Juga:  Berikan Support, Pejabat Kemenkumham Jatim Ikuti Sertijab Kakanwil Sumbar

“Orang butuh perubahan agar tidak bosan. Harus move on, agar tidak begitu-begitu saja,” terangnya.

Menurut Susy, di zaman ini, manusia akan menemukan banyak hal tak terduga. Untuk itu, seorang ASN harus melatih diri menjadi orang yang terbuka.

Dia meminta jajarannya melakukan perubahan diri mulai dari diri sendiri.

Susy juga meminta pegawai untuk meningkatkan kinerja. Salah satunya terkait serapan anggaran yang harus ditingkatkan.

“Kita harus dorong bersama-sama, satu padukan kekuatan kita tanpa harus menyalahkan satu sama lain,” terangnya.

Baca Juga:  Terus Berinovasi, Imigrasi Surabaya Buka Layanan ITAS di Bandara Juanda

Senada dengan Susy, Kadiv Admin Haris Sukamto mengungkapkan bahwa transformasi saat ini sedang viral-viralnya. Sehingga sudah menjadi kewajiban untuk melaksanakan hal tersebut.

Salah satu langkahnya adalah dengan sering membuat forum-forum informal. Seperti pertemuan di Masjid, ruang musik hingga coffee morning.

“Kita cari solusi bagaimana membangun organisasi ini,” tegas Haris.

Terkait serapan anggaran, Haris menargetkan akhir bulan ini sudah rampung. Dia dan jajarannya mengaku sudah membuat rencana strategis untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Untuk itu, dia mengajak seluruh jajaran untuk menyelesaikan tugas.(AF).