Tim Tabur Kejari Surabaya Tangkap Kong Winarko Kongres alias Awi

SURABAYA – Tim Tabur 31.1 Kejari Surabaya kembali menangkap terhadap terpidana Kong Winarko Kongres alias Awi dan diserahkan ke Rutan Klas I Surabaya di Desa Medaeng Sidoarjo.

Farriman Isandi, Kasi Pidum Kejari Surabaya membenarkan bahwa terpidana dalam kasus penggelapan ini ditangkap di rumahnya yang berlokasi perumahan elit, yakni di Royal Residence, Wiyung, Surabaya, pada Rabu (6/11/2019).

“Tim kami berhasil menangkap atau mengeksekusi terpidana sesuai putusan Mahkamah Agung (MA) RI. Dalam putusan MA bernomor 244k/Pid/2019, berbunyi sejak 15 Mei 2019, terpidana harus menjalani hukuman 3 bulan penjara,” kata Farriman kepada awak media ketika ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (8/11/2019).

Baca Juga:  Pemuda Asal Simo Rejosari Diadili dalam Perkara Kasus Narkoba

Saat ditangkap sekitar pukul 09.00 WIB kata Farriman, terpidana Awi tidak melakukan perlawanan. Setiba di Rutan Surabaya, petugas kejaksaan mengurus administasi sebelum menjebloskan Awi ke dalam penjara.

Perlu diketahui, dalam kasus ini narapidana Awi yang pernah menjabat Kepala Perwakilan Cabang PT. Armada Mandiri Surabaya tersebut diadili di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, lantaran terjerat kasus penggelapan.

Tak tanggung-tanggung, Awi didakwa menggelapkan uang perusahaan sebesar Rp 1,4 miliar.

Dalam dakwaan, Awi pada 2013 ditunjuk dan bertanggung jawab bekerja di kantor Jalan Kalimas Baru, Gudang 146 Tanjung Perak, Surabaya, cabang PT. Armada Mandiri, Pusat Baubau, Sulawesi Tenggara.

Baca Juga:  Hakim Belum Siap, Putusan Sugi Nur Batal Dibacakan

Di perusahaan jasa angkutan kapal laut ini, Awi digaji Rp 3 juta per bulan. Namun dalam perjalanan, Awi lakukan penggelapan uang yang mengakibatkan kerugian perusahaan Rp 1,4 miliar. Awi dituntut Jaksa selama 4 bulan dan akhirnya divonis 3 bulan penjara. (Ady)