Tim Pembina Pembangunan ZI Pusat Berikan Bimbingan Teknis Pengisian Aplikasi E-RB

SURABAYA – Proses pengumpulan data dukun, monitoring dan evaluasi pembangunan ZI di Kemenkumham telah berbasis TI menggunakan aplikasi E-RB (Elektronik Reformasi Birokrasi). Karena tergolong aplikasi baru, hari ini (19/2) Tim Pembina Pembangunan ZI Pusat melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis pengisian aplikasi berbasis web tersebut.

Menariknya, dalam aplikasi tersebut terdapat aplikasi SIAP ZI yang merupakan produk asli Kemenkumham Jatim.

Kegiatan yang dipusatkan di Aula kanwil itu diikuti oleh perwakilan pokja dan operator di tiap satker jajaran.

Baca Juga:  Warga Gotong Royong Kirimkan Bantuan Untuk Pencegahan COVID-19 di Lapas Surabaya

Bertindak sebagai narasumber adalah Andhika yang berasal dari Biro Perencanaan Setjen Kemenkumham. Dia ditemani Kasubag Humas RB dan TI Kemenkumam Jatim Ishadi MP.

Kegiatan banyak diisi dengan penjelasan teknis seputar aplikasi. Setiap perwakilan UPT telah membawa Laptop sehingga bisa langsung mengakses aplikasi.

Peserta pun diminta untuk melakukan simulasi unggah sebuah berkas data dukung ke aplikasi.

“Seluruh UPT harus mengupload data dukung ke aplikasi ini, nantinya Divisi akan melakukan verifikasi,” terang Andhika.

Seluruh operator memang sudah nampak familiar dengan aplikasi tersebut. Mengingat, tahun lalu sudah beberapa kali menerima sosialisasi penggunaan aplikasi SIAP ZI yang sama secara fungsinya.

Baca Juga:  Krismono: Meski Harus Berdarah-Darah, Kemenkumham Jatim Siap Raih WBK

Meski begitu, Ishadi mengingatkan agar satker segera melakukan upload data. Agar tidak menyulitkan verifikator dalam melakukan verifikasi.

“Batas akhirnya memang 1 Maret, namun karena UPT kita sangat banyak, lebih baik jika sudah ada data dukungnya segera melakukan upload,” tutup Ishadi. (AF)