Tim KemenPAN-RB kunjungi Kanim Surabaya dan TPI Juanda

SIDOARJO – Tim evaluator Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/ WBBM KemenPAN-RB mengunjungi dua lokasi yaitu Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khsusus TPI Surabaya yang diajukan sebagai WBK mandiri dan Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Juanda pada Rabu (13/11).

TPI Juanda yang bernaung di bawah Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya tersebut menjadi salah satu instansi yang masuk program Strategi Nasional Pemberantasan Korupsi (Stranas PK).

Tim yang diketuai oleh Kasubag Deputi RB KemenPAN RB Shokif Koirul Anam tersebut diterima oleh Plh. Kakanim Surabaya Nanang Mustafa dan jajaran.

Mengawali kunjungan di Kanim Surabaya tim sempat berbincang di ruang rapat Kakanim. Shokif menjelaskan bahwa kedatangan kali ini untuk melihat secara langsung kesiapan yang sudah dilakukan oleh Kanim Surabaya.

Baca Juga:  Kanim Surabaya Gelar Rapat Penguatan TIMPORA, Kadiv Imigrasi Tanamkan Semangat "Whole of Government"

“Kami ingin melihat kesiapan secara sarana, pelayanan dan pengawasan. Apakah sudah dilaksanakan seperti yang telah dipaparkan beberapa waktu lalu,” kata Shokif.

Tim KemenPAN-RB saat mengunjungi TPI Juanda, Rabu (13/11/19).

Dia mengatakan bahwa Imigrasi dipilih menjadi salah satu Instansi yang ditunjuk dalam program stranas PK bersama beberapa Instansi lain seperti kesehatan, beacukai pertanian dll.

Memulai kunjungan Tim mendatangi pos masuk untuk melihat bagaimana awal pelayanan. Kemudian dilanjut ke ruang pelayanan prioritas dimana khsusus melayani lansia, bayi, ibu hamil dan disabilitas.

Baca Juga:  Menuju WBK, Kanim Tanjung Perak di Tinjau Tim RB Kemenkumham

“Semua proses dari awal sampai akhir apa dilakukan diruangan ini,” tanyanya di dalam ruangan prioritas.

Berikutnya ruang layanan menjadi kunjungan berikutnya. Di ruang tersebut Shokif kembali menanyakan secara detil tahapan2 apa saja yang dilakukan petugas dalam memberikan layanan. Seperti proses awal pengisian formulir, proses foto, pembayaran hingga pengambilan paspor.

Ruang Information Centre juga tidak luput dari pantauan. Berbagai laporan yang dilakukan secara online menjadi perhatian Tim. Setelah itu Tim lanjut ke loket pengambilan paspor dan inteldakim.

Terakhir dalam kunjungan tersebut Tim melihat secara langsung pelayanan yang dilakukan Di TPI Juanda. (AF)