Tes Kehamilan Syarat Mutlak Bagi Calon Taruni Poltekip dan Poltekim

DEPOK – Sebanyak 312 peserta calon taruni mengikuti tes kesehatan pada seleksi catar Poltekip dan Poltekim Kemekumham di Kampus BPSDM Kemenkumham, Jum’at, (5/7/2019).

Hari ini merupakan tes kesehatan fisik khusus untuk calon taruni meliputi pemeriksaan mulut, gigi, THT dan tes kehamilan.

Koordinator Tim Kesehatan, dr. Juniarto mengatakan, salah satu tes kehamilan dengan melakukan pemeriksaan hormon human chorionic gonadotropin (hCG)

“Ini adalah salah satu syarat mutlak bagi peserta untuk menjadi Calon Taruni, karena semua taruna tidak boleh dalam keadaan hamil,” ucap Juniarto.

Pada tes kehamilan para peserta tes, tim kesehatan melakukan pengambilan sampel urine dari peserta, panitia sudah menyiapkan pengawas agar supaya benar-benar itu adalah sampel urine dari yang bersangkutan (peserta) dan bukan dari urine orang lain.

Sementara itu, Anggit Yoga Laksito (Anggota Tim Kesehatan) mengatakan, pada tes ini peserta akan diambil sampel urinenya untuk dilakukan pemeriksaan melalui pengujian dengan alat rapid test.

“Hasil pengujian ini lamanya lebih kurang 3 menit, setelah itu sudah bisa terlihat hasilnya dan kemudian di input di pemeriksaan kesehatan,” ujar Anggit.

Untuk diketahui, para peserta yang lulus pada tahapan ini nantinya akan mengikuti tes berikutnya yaitu kesemaptaan yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 16 s.d 17 Juli 2019 di Mako Brimob, Kelapa Dua. (Red).