Terkait Inovasi Layanan, Kemenkumham Jatim Dapat Apresiasi dari Dirjen HAM dan Staf Khusus Menkumham

SURABAYA – Di sela kunjungan kerjanya hari ini (18/6), Dirjen HAM Mualimin Abdi menyempatkan diri bertandang ke Kanwil Kemenkumham Jatim. Dia meninjau dan mengapresiasi ruang pusat layanan informasi dan layanan publik berbasis HAM yang ada di Kanwil Kemenkumham Jatim.

Mualimin terlebih dahulu meninjau ruang pameran hasil karya WBP. Ditemani Kadiv Administrasi Haris Sukamto dan Kadiv Yankumham Hajerati, dia tertarik untuk melihat-lihat hasil karya WBP.

Selanjutnya, Dirjen HAM mengunjungi Ruang Pusat Layanan Informasi dan dilanjut ke pelayanan AHU dan HKI.

Baca Juga:  Yasonna Puji Pelayanan Publik LPP Malang

Dalam arahannya, Mualimin mengingatkan bahwa sudah seharusnya layanan publik semakin meningkat dan menyentuh masyarakat. Kebutuhan masyarakat akan layanan publik yang prima harus bisa dipenuhi dengan cepat, efisien dan bebas pungli serta tidak diskriminatif.

“Saya rasa, layanan di sini sudah sangat bagus, masyarakat pasti nyaman dengan layanan yang ada,” ujarnya.

Selain itu, menurutnya, konsep menggabungkan beberapa jenis layanan dalam satu tempat/ terpadu sangat cocok dengan kebutuhan masyarakat. Ditambah lagi, ada ruang interaksi antara pengguna dan penyedia layanan. Sehingga masyarakat tahu, apa saja bentuk layanan hukum yang diberikan. Tidak hanya berfokus pada keimigrasian dan pemasyarakatan.

Baca Juga:  Pantau Kesiapan Pilpres dan Pileg 2019, DPR RI Kunjungi Lapas Klas I Surabaya

“Peran Kanwil harus diperkuat, terutama untuk mengubah image Kemenkumham,” terangnya.

Usai kunjungan Mualimin, giliran staf khusus Menkumham Bidang Politik dan Keamanan Ambeg Y. Paramarta yang juga menengok Kanwil. Senada dengan Mualimin, Ambeg juga mengapresiasi perubahan frontal yang dilakukan Kanwil Jatim untuk meningkatkan pelayanan publiknya. (Red).