Terapi Spritual Yayasan Fajar Mujarab LaNyalla Academia, Mengajak Manusia Lebih Dekat dengan Allah SWT

MOJOKERTO – Yayasan Fajar Mujarab LaNyalla Academia tidak hanya mengobati penyakit medis maupun non medis. Namun yayasan ini juga melakukan pengobatan melalui terapi spritual, yang salah satu tujuannya untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Hal tersebut disampaikan oleh Gus Basuki Rahmat selaku pengasuh Yayasan Fajar Mujarab LaNyalla Academia kepada Lima Menit, saat melakukan terapi spritual, di Goa Puthuk Kursi yang berada di Desa Sendi, Pacet, Mojokerto, Sabtu (23/11/19) dini hari.

Menurut Gus Bas sapaan akrabnya, terapi spritual dari Yayasan Fajar Mujarab LaNyalla Academia ini, merupakan terapi pengobatan yang ditimbulkan dalam realitas kehidupan manusia masa kini yaitu salah satunya adalah munculnya berbagai gangguan psikologis seperti depresi. Gangguan depresi bisa terjadi akibat adanya suatu kesedihan yang sangat mendalam. Perasaan tersebut muncul karena kecewa mengalami situasi yang sama sekali tak terduga dan tak diharapkan terjadi dalam hidupnya.

“Terapi spiritual ini merupakan pengobatan atau penyembuhan gangguan psikologis yang dilakuan secara sistematis dengan berdasarkan kepada konsep Al-Qur’an. Terapi spiritual ini mengacu kepada konsep pensucian jiwa (Tazkiyatunnufus),” kata Gus Bas.

Baca Juga:  La Nyalla Academia Bagikan Ratusan Paket Sembako ke Petugas Kebersihan

Selain pensucian jiwa, Gus Bas menyebutkan bahwa terapi spritual yang diberikan juga dengan cara bertafakur. Tujuannya untuk menghilangkan sifat angkuh, sombong, serta iri dengki manusia.

“Goa Puthuk Kursi itu tempatnya benar-benar gelap, jadi yang bertafakur disitu akan lebih mengingat Allah SWT, karena jika terjadi sesuatu ketika berada didalam Goa itu tidak ada lagi yang bisa dimintai tolong kecuali hanya mengharap pertolongan dari sang maha penolong yaitu Allah SWT. Untuk itu perlu juga diimbangi dengan kita berada di tempat yang gelap sebenar-benarnya gelap, agar kita dapat merasakan keseimbangan dalam hidup ini,” ujarnya.

Gus Bas menjelaskan bahwa, manfaat bertafakur didalam Goa Puthuk Kursi sangat banyak, salah satunya, kita akan mengingat kematian, ini penting untuk membakar ego dan sifat sombong kita bahwa sehebat apapun manusia nantinya akan mengalami kematian dan berada ditempat yang gelap seperti didalam Goa ini.

Baca Juga:  APK Jokowi Dibongkar Panwas, La Nyalla Academia Protes Keras

“Melalui terapi ini kita akan lebih dekat kepada Allah SWT, karena sejatinya tidak ada seorangpun yang dapat menolong dan menyelamatkan kita kecuali Allah SWT,” terang Gus Bas.

Dia juga menambahkan bahwa, terapi spiritual ini terbukti efektif memberikan pengaruh terhadap penanggulangan depresi maupun gangguan psikologis lainnya. Terapi spiritual ini sangat berpengaruh untuk membangun rasa penerimaan diri sehingga manusia tidak merasa depresi lagi dan mau menyesali perbuatan dosanya.

“Pendekatan spiritual berperan penting dalam mengekspresikan perasaan dan memberikan kenyamanan bagi manusia. Ini akan mendorong individu tersebut akan lebih dekat dengan Tuhan dan menerima semua cobaan dari Allah SWT dengan cara beristighfar membayangkan dosa-dosanya. Karena pada terapi spiritual ini, qalbu dan akal pikiran manusia sebagai sasaran utama,” pungkas Gus Bas selaku pengasuh Yayasan Fajar Mujarab LaNyalla Academia. (AF)