Syarief Hasan Akui Caleg Demokrat Tak Semua Dukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019

JAKARTA — Sebelumnya Sekjen dari Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menyatakan bahwa ada sejumlah caleg PAN menolak untuk mengampanyekan pasangan Prabowo-Sandiaga.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan menyampaikan bahwa, tak semua calegnya akan ikut menyosialisasikan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam kampanye Pilpres 2019.

Sebab, menurut Syarief ada sejumlah daerah yang merupakan basis pendukung pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. “Saya pikir semua partai punya permasalahan yang sama. Tidak mungkin ada yang 100 persen,” kata Syarief kepada media, Jumat (19/10/2018).

Baca Juga:  Gus Sholah Bantah Dukung Prabowo

Ia meyakini, tak ada parpol yang calegnya solid 100 persen untuk mendukung pasangan yang diusung partainya di pilpres. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) sekalipun, menurut dia, tidak mungkin semua calegnya solid mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf.

“PDI-P juga enggak 100 persen. Sama saja. Tinggal persentasenya saja yang beda,” ujar Syarief.

Oleh sebab itu, Demokrat sudah memetakan daerah mana saja yang merupakan basis Prabowo-Sandi dan Jokowi-Ma’ruf. “Jadi bagi kami tidak terlalu sulit untuk mengantisipasi. Karena petanya kita sudah tahu dari awal,” tuturnya.

Baca Juga:  PBB Jatim Solid Dukung Yusril Jadi Lawyer Jokowi-Maruf di Pilpres 2019

Sebelum memutuskan merapat ke Prabowo, lanjut Syarief menjelaskan bahwa, Demokrat sudah tahu petanya. “Dari peta tersebut, basis daerah yang mendukung Prabowo-Sandi lebih banyak dibandingkan yang mendukung Jokowi-Ma’ruf,” jelasnya. (Red).