Situs Kemendagri Diretas, Muncul Gambar Tulisan RIP KPK

Foto: Situs Kemendagri diretas (Dok Istimewa)

JAKARTA – Situs resmi milik Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) www.kemendagri.go.id diserang hacker dan secara otomatis tak bisa diakses untuk sementara waktu.

Ketika membuka situs resmi Kemendagri, muncul tulisan berwarna hijau dan merah dengan background hitam disertai gambar bertuliskan RIP KPK 2002-2019.

Tulisan pertama bertuliskan “Hacked By Security007”. Lalu diikuti dengan beberapa tulisan “YOUR FILES IS MINE!!”. Selanjutnya tampak sebuah foto yang menggambarkan sebuah kuburan dengan nisan bertuliskan “RIP KPK 2002-2019”.

Para hacker juga menuliskan di bagian selanjutnya, “KAU ITU PEMIMPIN, YANG GAJI KAU ITU KAMI, SEHARUSNYA KAU MENURUTI APA KEINGINAN KAMI, BUKAN KEINGINAN MEREKA YANG BERDASI!!!

Baca Juga:  Menko Polhukam Apresiasi Gubernur Jatim dan Papua

“SUARA RAKYAT KAU BATASI, SEMUA KAU ANGGAP MAKAR DAN DISKRIMINALISASI, KAU HANYALAH BONEKA YANG DIIKAT TALI, TAK LEBIH DARI SEBUAH KOMEDI!!!!”

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo membenarkan kejadian itu. Ia mengatakan berdasarkan laporan dari timnya, kejadian sekitar pukul 18.00, sampai sekitar pukul 20.00 laman Kemendagri masih belum bisa dibuka.

Tujuan dari hack diduga terkait aspirasi KPK, dan ada celah yang dimasuki oleh hacker. “Celah masuk diduga melalui port file transfer dan atau melalui port database,” kata Tjahjo, saat dikonfirmasi, Minggu (22/9/19) malam.

Baca Juga:  Fachrul Razi Minta Pemekaran Provinsi Papua Berdasarkan Aspirasi Masyarakat

Menurut Tjahjo setelah hacker beraksi dan diketahui, pihaknya langsung melakukan shutdown akses publik web server dan menutup akses port file transfer dan database

Untuk berikutnya untuk tindak lanjut perbaikan pihaknya melakukan backup database dan file dari web server dan menayangkan web server backup setelah proses backup selesai.

“Selain itu, tim melakukan security assessment pada web server yang terserang untuk menutup celah yang dibuat para hacker,” terang Tjahjo.

Sampai berita ini diturunkan laman Kemendagri masih belum bisa diakses. Tertulis hanya This site can’t be reached www.kemendagri.go.id refused to connect. (Ran).