Siap Menuju WBK, Lapas Sidoarjo Dikunjungi Tim Penilai Nasional

SIDOARJO – Tim Penilai Nasional (TPN) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) mendatangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Sidoarjo, pada Selasa (23/11/2021).

Kedatangan TPN ini untuk melakukan Verifikasi Lapangan (Verlap) dan peninjauan pembangunan Zona Integritas (ZI) terkait pengusulan Lapas Sidoarjo yang ditetapkan sebagai satker berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur.

Dalam kunjungan itu, TPN KemenPAN-RB juga didampingi oleh Inspektur Wilayah (Irwil) VI Kemenkumham, Marasidin Siregar, Kakanwil Kemenkumham Jatim, Krismono dan Tim Penilai Internal (TPI) dari Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI.

Bersama rombongan, TPN berkeliling meninjau lokasi Lapas Sidoarjo, mulai dari ruang kunjungan, blok hunian warga binaan, klinik, dapur, area pelayanan terpadu, area parkir hingga kegiatan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE).

Baca Juga:  Inovatif! Rutan Surabaya Buka Layanan Antrian Online

Dalam tinjauan tersebut, TPN menyampaikan apresiasi positif atas usaha Lapas Sidoarjo dalam mewujudkan ZI dan memberikan pelayanan prima pada pengguna layanan dengan terus semangat berbenah dan berinovasi.

Menurut TPN, pembangunan ZI menuju WBK/WBBM adalah menciptakan pemerintahan yang bersih, efektif, bebas korupsi, terpercaya dan berintegritas dalam menghadapi tantangan industri 4.0.

Sehingga harus mampu berusaha lebih untuk membangun pelayanan yang berintegritas dan melayani dengan prima. Karena itu, apabila ditemukan resiko yang berpotensi dan berdampak pada berkurangnya layanan maka harus segera diatasi.

“Dalam mewujudkan ZI harus menjaga sinergitas, karena tidak bisa sendirian dalam mewujudukan ZI tanpa bekerja sama. Potensi resiko juga penting untuk dipetakan setiap detail bahkan detail terkecil sekalipun dari setiap kegiatan yang ada di Lapas Sidoarjo, agar segala hal yang terjadi dapat terukur dan cepat ditanggulangi,” jelas TPN Kemenpan-RB.

Baca Juga:  Bintorwasdal ke Rutan Perempuan Surabaya, Susy Susilawati Minta Petugas dan WBP Jaga Kebersihan

Sementara itu, Kalapas Sidoarjo Teguh Pamuji menyampaikan bahwa Lapas Sidoarjo terus berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan serta sarana prasarana.

“Kita siap dan berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan serta sarana prasarana yang ada di Lapas Sidoarjo,” kata Teguh.

Lapas Sidoarjo merupakan salah satu satuan kerja (satker) yang ditunjuk sebagai sampel kegiatan Verlap bersama dengan 9 satker lainnya di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur. (Red).