Sekjen Kemenkumham Ajak Alumni Politeknik Imigrasi Tingkatkan Profesionalitas

JAKARTA – Ratusan alumni Politeknik Imigrasi terlihat menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Alumni Politeknik Imigrasi (IKA Poltekim) yang baru pertama kali diadakan sejak berdirinya Poltekim pada tahun 1959. Munas tersebut berlangsung selama tiga hari (29-31) Juli di Jakarta.

Dihadapan ratusan alumni, Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Bambang Rantam Sariwanto mengingatkan kembali visi dari Organisasi IKA Poltekim adalah untuk menjadi wadah persatuan dan solidaritas seluruh alumni guna berkontribusi dalam Peningkatan kualitas profesionalitas alumni.

“Oleh karenanya saya mengajak saudara-saudara untuk menjaga cita-cita mulia dimaksud dan jadikanlah IKA Poltekim sebagai sarana membangun silaturahmi dan membangun program-program kerja yang bermanfaat bagi bangsa dan negara,” tutur Sekjen.

Baca Juga:  Yasonna Laoly Minta Kakanwil dan Kadiv Jadi Problem Solver

Bambang Rantam juga berharap peserta Munas secara nyata memberikan dukungan penuh kepada Poltekim sebagai almamater.

“Sehingga Poltekim dapat mencetak kader-kader tunas pengayoman (sebutan untuk ASN Kemenkumham -red) yang berkualitas baik secara aspek kognitif, moral maupun psikomotorik,” lanjut Bambang.

Selain itu IKA Poltekim, menurut Bambang Rantam, melalui Munas ini bisa mewujudkan kolaborasi yang sinergi antara alumni dan institusinya, sehingga Poltekim menjadi bagian dari pembangunan manusia Indonesia yang unggul, berbudaya dan menguasai IPTEK sejalan dengan salah satu pilar pembangunan Indonesia 2045.

Senada dengan hal tersebut, Kepala BPSDM Hukum dan HAM Mardjoeki menyatakan ditengah kompetisi dan dinamika peradaban yang kian sengit, sinergi kampus dan alumni menjadi elemen penting, karenanya membangun sinergi perlu dilakukan dalam wadah ikatan alumni.

Baca Juga:  Sekjen Kemenkumham Lantik Dua Pejabat Fungsional Assesor Ahli Utama

“Melalui wadah Ikatan Alumni, para alumni dapat berperan memberikan masukan dan program nyata bagi kemajuan almamater,” tukas Mardjoeki.

Poltekim yang merupakan perguruan tinggi penyelenggara pendidikan kedinasan keimigrasian di bawah Kemenkumham, Mardjoeki harapkan menjadi kampus yang dapat memenuhi kebutuhan penyelenggaran pendidikan program vokasi dan bisa menyiapkan sumber daya manusia ASN Kemenkumham yang memiliki kemampuan proaktif, kreatif dan inovatif.

Munas pertama IKA Poltekim sendiri mempunyai agenda penting yaitu penyusunan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga Organisasi, Kode Etik dan pemilihan Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum IKA Poltekim. (AF)