Sebanyak 3.857 Personil Jajaran Polda Jatim Naik Pangkat Setingkat Lebih Tinggi

SURABAYA – Kemeriahan mewarnai prosesi upacara Korps Kenaikan Pangkat jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jatim, dilaksanakan di lapangan apel pada Senin (30/12/2019) malam.

Dari jumlah keseluruhan sekitar 3.857 anggota yang mengalami kenaikan pangkat, hanya 1.030 personel yang mengikuti upacara Korps Kenaikan Pangkat di Mapolda Jatim. Prosesi upacara kenaikan pangkat dipimpin langsung oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

Jumlah tersebut diketahui dari tiga Satker Polda Jatim, seperti Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo, Polres Pelabuhan Tanjung Perak dan Polres Gresik. Seperti Pamen 115 anggota, Pama ada 165 anggota, Brigadir sebanyak 736 anggota dan Tamtama 14 anggota.

Kepada wartawan, Luki menjelaskan bahwa kenaikan pangkat ini bukan hal yang mudah, melainkan melalui proses-proses yang harus dilalui dan penilaian dari pimpinan juga kinerja serta pengabdian.

Baca Juga:  Polda Jatim Ungkap Kasus Perdagangan Online Satwa Langka

“Maka dari itu tidak mudah, semua adalah prosesnya mulai dari kinerja dan pengabdian. Karena kenaikan pangkat itu tidak mendadak kemudian bisa naik,” katanya usai upacara kenaikan pangkat, (30/12)

Setelah itu ribuan personel yang mengikuti acara diminta Kapolda Jatim untuk bersujud memanjatkan do’a untuk istri/suami masing-masing yang telah mendampingi dan menunggu dirumah kepulangan usai bertugas. Kemudian, para personel disemprot dengan air Water Cannon yang telah disediakan panitia.

Menurut Luki, kenaikan pangkat berdasarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016 Tanggal 24 Juni 2016 Tentang Administrasi Kepangkatan Anggota Polri.

Masih lanjut kata Kapolda Jatim, personil Anggota Polri dan PNS Polda Jatim yang telah dinaikkan Pangkatnya atau Golongannya setingkat lebih tinggi terhitung mulai tanggal 1 Januari 2020, sebanyak 3.857 anggota seluruh Jawa Timur.

Baca Juga:  Diduga Terlibat MeMiles, Empat Artis Bakal Diperiksa Polda Jatim

“Untuk Kenaikan pangkat perwira sebanyak 987 orang, terdiri dari AKBP ke Kombespol 4 orang, Kompol ke AKBP 40 orang, AKP ke Kompol 128 orang, Iptu ke AKP 230 orang, Ipda ke Iptu 404 orang dan Aiptu ke Ipda (Pengabdian) 181 orang,” imbuh Kapolda Jawa Timur.

Adapun beberapa kenaikan pangkat dari Brigadir dan Tamtama sebanyak 2.870 orang, terdiri dari, Aipda ke Aiptu 93 orang, Bripka ke Aipda 513 orang, Brigpol ke Bripka 1.187 orang, Briptu ke Brigpol 64 orang, Bripda ke Briptu 999 orang, Bharatu ke Bharaka 11 orang, dan Bharada ke Bharatu 3 orang. (Ady)