Satgas Lawan Covid-19 Apresiasi ‘Masterplan’ Kemenag Hadapi ‘New Normal’

JAKARTA – Koordinator Satgas Lawan Covid-19 DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memberikan penghargaan dan apresiasi terhadap skenario menuju new normal bagi sektor sektor keagamaan yang sebelumnya kegiatannya dinonaktifkan.

Hal ini diungkapkan saat Dasco memimpin kunjungan Satgas Lawan Covid-19 DPR RI ke Kementerian Agama, guna mengetahui masterplan Kemenag menghadapi new normal

Secara khusus, Dasco juga berdiskusi dengan Menteri Agama Fachrul Razi tentang  kesiapan menerapkan protokol kesehatan, khususnya rumah ibadah dan pesantren.

“Kami mendapatkan banyak pesan dari masyarakat mengenai kapan sih rumah ibadah bisa dibuka. Kami sudah melakukan diskusi, ternyata alhamdulillah Kemenag sudah sangat siap terhadap protokol Covid-19 dalam rangka menormalkan fungsi rumah ibadah,” ujar Dasco usai diskusi dengan Menag beserta jajaran di Kantor Kemenag, Jakarta, Kamis (28/5/2020).

Baca Juga:  Menag Terbitkan Edaran Panduan Penyelenggaraan Ibadah Peringatan Kenaikan Isa Almasih

Usai berdiskusi dengan Menag dan jajaran, politisi Partai Gerindra ini mengungkapkan bahwa Kemenag akan segera mengambil keputusan pembukaan kembali rumah ibadah dengan normal dalam waktu dekat. Saat ini pun Kemenag masih menyusun keputusan draf soal protokoler kesehatan di rumah ibadah.

Dasco memastikan bahwa lembaga pendidikan pesantren juga akan diberlakukan new normal dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Namun sekali ini, protokol itu masih dalam penyusunan draf yang saat ini masih disusun di Kemenag.

Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) itu pun berharap protokol kesehatan di lembaga pendidikan pesantren dapat diimplementasikan dengan ketat.

Baca Juga:  Buka IYMWF, Presiden Jokowi Sampaikan Rasa Kagum Kepada Perempuan

Dalam kesempatan yang sama, Menag Fachrul menjelaskan bahwa lembaga yang dipimpinnya masih menyusun protokoler kesehatan di rumah ibadah, sehingga saat dibuka nantinya mempunyai SOP yang jelas dan tidak multitafsir.

Ia berharap panduan protokol kesehatan di tempat ibadah dapat rampung pada awal Juni. (hs/sf)