SAH! Pemain Persebaya Otavio Dutra Resmi Jadi WNI

SURABAYA – Pemain Persebaya Surabaya Otavio Dutra, hari ini (27/9/19) resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), setelah diambil sumpah/janji setianya oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim, Susy Susilawati.

Hal tersebut dilakukan Kanwil Kemenkumham Jatim dalam memenuhi janji untuk memberikan pelayanan yang cepat dan berintegritas.

Itu berarti hanya selang sehari usai kedua belah pihak berkoordinasi.

Sebelumnya Otavio Dutra berharap agar pelantikannya dilangsungkan segera. Agar bisa tampil membela timnas Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

“Saya masih seperti sedang bermimpi akhirnya bisa menjadi WNI,” ujar Dutra dengan penuh semangat.

Memang, Dutra mengaku sudah 10 tahun berusaha mendapatkan status sebagai WNI dan membela timnas.

Baca Juga:  Kanwil Kemenkumham Jatim Gelar FGD Ramah HAM di Jawa Timur

Namun, baru hari ini bisa menjadi kenyataan. Sehingga, saat diambil sumpahnya oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati dia tampak bersemangat dan lancar.

“Sempat nervous, diambil sumpah lebih berat daripada bermain sepak bola di depan 70.000 suporter. Terima kasih atas support dari semua pihak, termasuk warga Surabaya khususnya bonekmania,” kata Dutra.

Sebelumnya, Susy mengungkapkan bahwa pengangkatan Dutra sebagai WNI termasuk spesial. Karena dia diangkat karena alasan dibutuhkan negara sesuai dengan pasal 20 UU No. 12 Th. 2006 tentang Kewarganegaraan Indonesia.

Yaitu orang asing yang telah berjasa kepada negara Republik Indonesia atau dengan alasan kepentingan negara dapat diberi Kewarganegaraan Republik Indonesia oleh Presiden.

Baca Juga:  BNPT Gandeng Ditjen Imigrasi Sinergi Berantas Terorisme

“Tentunya setelah memperoleh pertimbangan DPR RI,” ujar Susy.

Susy pun mengungkapkan bahwa pihaknya memperoleh surat dari Setneg baru 2-3 hari yang lalu. Namun, karena pertimbangan pemanggilan untuk membela Indonesia, maka pada hari ini kami harus mengambil sumpah/ janji setia.

“Saudara telah mengucapkan sumpah/janji setia sebagai Warga Negara Indonesia, itu artinya bahwa saudara mulai hari ini menjadi manusia baru, yaitu manusia yang berbangsa Indonesia, mencintai Indonesia, membela tanah air Indonesia, berjuang sekuat tenaga untuk kemakmuran dan kesejahteraan Negara Republik Indonesia,” kata Susy disambut tepuk tangan tamu. (AF).