Resmikan ULP di Lippo Mall Kemang, Dirjen Imigrasi: Ini Terobosan Pelayanan

JAKARTA – Direktur Jenderal Imigrasi Ronny Franky Sompie, meresmikan Unit Layanan Paspor (ULP) Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan, yang bertempat di Lantai 2 Area P5B Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Senin (5/8/19).

Dalam sambutannya, Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie berharap ULP Lippo Mall Kemang dapat melayani masyarakat dengan mengedepankan kenyamanan. Sebab, menurutnya pelayanan publik tidak mengenal ego sektoral.

“Karena ternyata bekerja sama dengan simultan, sinergi dan komprehensif itu bisa dilaksanakan dengan lebih baik. Karena itu, kerja sama dengan Lippo Grup dan Lippo Mall untuk menyelenggarakan pelayanan publik di mall-mall seperti ini menjadi terobosan kreatif yang dapat menjadi perpanjangan tangan pelayanan Kantor Imigrasi, terutama Kantor Imigrasi Jakarta Selatan untuk bisa dekat dengan masyarakat,” ujar Ronny.

Ronny menyampaikan, terima kasih kepada Lippo Mall yang telah mendukung pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Nantinya di 40 kota, ada sekitar 70 mall (Lippo) yang bisa kerjasama juga dengan Imigrasi karena keterbatasan Kantor Imigrasi di Indonesia. Jadi hanya ada125 kantor (Imigrasi) melayani masyarakat Indonesia, di sekitar 500 lebih Kabupaten/Kota. Jadi ini terobosan untuk membuka pelayanan, sebelum kita membuka kantor-kantor Imigrasi,” ungkap mantan Kapolda Bali itu.

Baca Juga:  Imigrasi Ponorogo Gelar Rapat Penguatan dan Pembentukan Timpora Tingkat Kecamatan

Dia menuturkan, ke depan UPL Lippo Mall dapat juga membuka pelayanan visa dan izin tinggal buat orang asing. “Ke depan kita juga bisa membuka unit pelayanan untuk orang asing seperti visa, izin tinggal dan segala macam informasi yang dibutuhkan untuk pelayanan orang asing,” katanya.

Menurutnya, ULP Lippo Mall Kemang memiliki lima ruangan baik untuk wawancara, pengambilan foto, sidik jari, hingga ruang khusus pelayanan pemberian paspor yang sudah selesai.

“Jadi masyarakat perlu tahu, selain di Jalan Warung Buncit, Kantor Imigrasi Kelas I, perpanjangan tangannya ada di Lippo Mall Kemang ini. Mungkin bisa dijangkau masyarakat dengan kenyamanan pelayanan publik, sekaligus bisa aktivitas yang lain,” pungkas Ronny.

Semetara Walikota Jakarta Selatan Marullah Matali mengatakan, ULP Lippo Mall Kemang merupakan kantor pelayanan publik millenial. Selain itu, dapat mengatasi permasalahan lalu lintas khususnya parkir.

“Di sini mudah-mudahan parkirnya baik dan nyaman. Masyarakat Jakarta Selatan yang setiap hari ada 500 permohonan layanan paspor di Buncit (Kanim Jakarta Selatan,red) dan Pondok Pinang, pilihannya mungkin nanti bisa ke mall ini. Mudah-mudahan masyarakat setiap hari semakin tersosialisasikan dan mendapatkan pelayanan paspor yang baik,” kata Marullah.

Baca Juga:  Gelar Rapat Penguatan, Imigrasi Surabaya Evaluasi Kinerja Timpora

Selain itu, CEO Lippo Mall Indonesia Eddy Mukmin menambahkan bahwa, sebagai salah satu operator pusat perbelanjaan, Lippo Mall berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan publik.

“Kami memang berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan publik, bukan hanya sebagai pusat perbelanjaan atau pusat hiburan. Kita harapkan ini bermanfaat bagi pengunjung kami dan masyarakat sekitar. Kami mengelola ada 70 mall di Indonesia, kita harapkan kerjasama ini bisa terus ditingkatkan bukan hanya di Lippo Mall Puri dan Lippo Mall Kemang saja,” tutup Eddy.

Hadir dalam peresmian ULP Lippo Mall Kemang tersebut, jjajaran pejabat Direktorat Jenderal Imigrasi, Kapolres Jakarta Selatan, Dandim Jakarta Selatan, Kepala Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, dan tamu undangan lainnya. (Vic).