Ratusan Siswa-siswi SMAN 1 Sampang Sambut Riuh Sosialisasi dari Kanim Pamekasan

SAMPANG – Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Pamekasan melakukan Sosialisasi Keimigrasian dan Pengenalan Tentang Politeknik Imigrasi (Poltekim) pada siswa-siswi SMA Negeri 1 Sampang. Pengenalan tentang Poltekim merupakan agenda pengabdian masyarakat oleh Taruna Poltekim yang melakukan PKL pada Kanim Pamekasan.

Kegiatan yang mengambil tempat di Aula SMAN 1 Sampang ini, dibuka langsung oleh Samsul Arifin selaku Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum. Dalam sambutannya, Samsul mengapresiasi kegiatan Sosialisasi ini.

Dia berharap siswa-siswi SMAN 1 Sampang dapat mendapatkan pengetahuan tentang keimigrasian sebagai bekal melanjutkan ke jenjang berikutnya.

“Sosialisasi tentang sekolah-sekolah ikatan dinas merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi yang akan mempersiapkan diri untuk menentukan kemana langkah mereka berikutnya setelah lulus dari sekolah ini. Saya berharap ada alumni SMAN 1 Sampang yang akan menjadi pejabat di Kementerian Hukum dan HAM nantinya,” kata Samsul dalam sambutannya, Selasa (23/7/19).

Baca Juga:  Yasonna Laoly Copot Ronny Sompie dari Jabatan Dirjen Imigrasi

Selain itu, materi inti tentang Sosialisasi Keimigrasian disampaikan oleh M. Syarief Hidayatullah, selaku JFT Analis Keimigrasian Kantor Imigrasi kelas III Non TPI Pamekasan.

Dalam paparannya Syarief menjelaskan bahwa, fungsi keimigrasian merupakan salah satu fungsi Kementerian Hukum dan HAM yang kegiatannya berkaitan dengan lalu lintas orang yang keluar masuk negara kesatuan Republik Indonesia baik Warga Negara Indonesia (WNI) yang hendak pergi ke luar negeri maupun Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke wilayah Indonesia.

“Dimana yang dilakukan dalam fungsi keimigrasian tersebut antara lain penegakan hukum dan pelayanan keimigrasian,” ujar Syarief dalam paparannya.

Baca Juga:  Gubernur Khofifah : Program Jatim Amanah Gratiskan Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin

Sementara untuk menarik minat siswa-siswi, tiga taruna yaitu Januar Ramadhini, Fajar Manggala Yudha, dan Ade Irfan Riadi juga menyampaikan tentang keberadaan Politeknik Keimigrasian yang merupakan tempat untuk mendidik taruna-taruni imigrasi. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. (pank).