Presiden Jokowi Tegaskan Pemerintah Lakukan Segala Upaya Padamkan Karhutla di Riau

PELALAWAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, segala upaya sudah dilakukan pemerintah untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau.

Kepala Negara mengatakan yang di darat sudah semuanya, semprot di darat sudah, tambahan pasukan sudah diperintahkan juga hari Sabtu, datang, kemarin datang, (total) 5.600 sudah.

“Yang kedua, doa juga sudah kita panjatkan. Keridaan-Nya juga sudah kita lakukan tadi salat, tadi malam juga, tadi juga Salat Istisqa (salat meminta hujan),” kata Presiden Jokowi saat menjawab wartawan sebelum take off dengan pesawat hercules untuk meninjau lokasi karhutla di Kabupaten Pelalawan, Selasa (17/9) pagi.

Baca Juga:  Kerja Keras 5 Tahun Ini, Presiden Jokowi Ucapkan Terima Kasih Kepada Wapres dan Semua Menteri

Kemudian, lanjut Presiden, dirinya juga mau berangkat untuk ikut melakukan hujan buatan. Meskipun hari Jumat lalu juga sudah diperintahkannya, dan sudah diterbangkan.

“Alhamdulillah saat itu di Indragiri Hilir juga hujan turun. Nah ini sekarang kita lakukan lagi menabur garam. Moga-moga, karena awannya ada kita berdoa semoga nanti juga jadi hujan, insyaallah di hari ini,” ucap Presiden.

Presiden menegaskan, segera upaya dilakukan pemerintah. Juga lewat water bombing dilakukan dengan 52 pesawat total.

“Artinya, ini segala upaya sudah kita lakukan tetapi memang, memang yang paling benar itu adalah pencegahan sebelum kejadian. Ini api satu langsung dipadamkan, satu padam, itu yang benar,” ujarnya.

Baca Juga:  Indonesia Kecam Tindakan Penggalian Terowongan Israel di Yerusalem

Tapi ini, menurut Kepala Negara, karena kita berhadapan dengan hutan yang luas, berhadapan dengan lahan gambut yang luas, kalau sudah, apinya sudah banyak seperti ini memang tidak mudah.

“Oleh sebab itu, saya mengajak seluruh masyarakat, seluruh rakyat untuk tidak membakar lahan, baik hutan maupun gambut. Termasuk tadi yang belum saya sampaikan, termasuk upaya hukum sudah kita lakukan baik yang perorangan, baik korporasi semuanya sudah ada tindakan tegas ke sana,” ucap Presiden Jokowi. (UN//ES).