Presiden Jokowi Resmikan Pembebasan Tarif Tol Suramadu

SURABAYA – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo hari ini, Sabtu, 27 Oktober 2018 bertolak menuju Bandar Udara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

Keduanya beserta rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada pukul 13.20 WIB.

Setibanya di Bandara Internasional Juanda pada pukul 14.30 WIB, Presiden didampingi Ibu Iriana bersama rombongan mengawali kunjungan kerja ke Jawa Timur dengan menyambangi Jembatan Suramadu untuk melakukan peninjauan sekaligus meresmikan pembebasan tarif tol Jembatan Suramadu.

Pengoperasian jembatan Suramadu menjadi jalan umum tanpa tol ini diputuskan dengan pertimbangan berbagai aspek termasuk masukan dari pemerintah daerah yang meminta untuk menggratiskan tarif tol.

Menurut Jokowi, sejak 2015 lalu pemerintah sudah menerima masukan tersebut dengan dimulai pada kendaraan sepeda motor bebas biaya saat melewati jalur tol Suramadu ini. Lalu, pada tahun 2016 Jokowi kembali menerima masukan agar pembebasan tarif bukan hanya untuk roda dua tapi juga roda empat seperti truk, bus dan angkutan barang yang merasa terbebani.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Akan Buka Mubes X dan HUT ke 60 Tahun Pemuda Pancasila

“Pada 2016 kita potong tarifnya 50% tetapi kita lihat di lapangan kalkulasi kami belum memberi dampak yang signifikan. Maka itu, setelah dihitung diputuskan untuk pembebasan tarif tol,” kata Jokowi di Jembatan Suramadu, Sabtu (27/10)

Apalagi, menurut Jokowi, pemasukan dari tol Suramadu ini terhitung tidak besar hanya mencapai Rp 120 miliar per tahunnya. Dengan begitu, dampaknya terhadap pemasukan negara juga tidak signifikan.

Adapun sekedar informasi, pengoperasian jembatan Suramadu ini telah menelan investasi sebesar Rp 5 triliun pada masa pelaksanaan 2003 sampai 2009 silam berdasarkan keputusan presiden (Keppres) nomor 79/2003. Dibangunnya jembatan Suramadu ini bertujuan untuk meningkatkan berbagai sektor ekonomi dan infrastruktur pulau Madura.

Baca Juga:  Jokowi Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Trans Papua

Dari jembatan Suramadu, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan akan menuju ke hotel tempatnya bermalam di Surabaya. Rencananya, Presiden dan Ibu Iriana akan berada di Provinsi Jawa Timur hingga esok hari untuk melanjutkan kegiatan kunjungan kerja.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Timur antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Staf Khusus Presiden Johan Budi, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono. (Red).