Petugas Rudenim Surabaya Kawal Pemulangan Pengungsi Warga Somalia

JAKARTA – Pengungsi berkewarganegaraan Somalia yang bernama Mohamed Muhudin Ali pulang secara sukarela, Selasa (25/02/2020) melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Mohamed mengikuti program Assisted Voluntary Return and Reintegration (AVRR) dari International Organization for Migration (IOM).

Pengawalan dilakukan oleh Kasi Perkes Rudenim Surabaya Siswanto dan Kasi Kamtib Rudenim Surabaya Arief Febriansyah Sugiono.

Berangkat dari Bandara Internasional Juanda menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) pada pukul 13.30 WIB menggunakan pesawat Garuda.

“Setelah tiba di Bandara Soetta, kami langsung melakukan koordinasi dengan IOM Jakarta perihal dokumen perjalanan yang bersangkutan,” ungkap Siswanto.

Baca Juga:  Rudenim Surabaya Terima Kesempatan Uji Petik WBK dari Tim Internal Inspektorat Jenderal Kemenkumham

Setelah dokumen perjalanan sudah diberikan IOM Jakarta. Mohamed melakukan check in tiket untuk penerbangannya ke Somalia menggunakan pesawat Ethiopia Airlines.

“Proses check in selesai. Kami berkoordinasi dengan pihak Imigrasi Bandara Soekarno Hatta terkait clearance penerbangan yang bersangkutan,” ungkap Siswanto.

Petugas melakukan pengawalan hingga ruang tunggu dan memastikan yang bersangkutan masuk kedalam pesawat.

Pesawat yang ditumpangi Mohamed akan berangkat dari Bandara Soetta pada pukul 20.50 WIB dan transit di Bangkok dan Ethiopia sebelum ke Somalia. (Red)