Peran Humas Dalam Pertahanan Negara di Era Siber

JAKARTA – Dewasa ini perkembangan teknologi informasi terus meningkat, namun juga berbanding lurus dengan banyaknya kasus kejahatan di dunia maya (cyber crime). Negara harus mampu menyikapinya dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap kerawanan atau ancaman terhadap keamanan informasi, khususnya informasi sensitif dan strategis.

Pemanfaatan keamanan siber dalam strategi komunikasi humas dapat menjamin pertahanan negara yang kokoh serta sebagai pijakan dalam mengklasifikasikan informasi.

Kasubbid Informasi Bidang Kermainfo Puskom Publik Kementerian Pertahanan (Kemhan), Letkol Inf. Susilo Wardoyo, mengatakan kehumasan di era cyber mau tidak mau harus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.

“Pesatnya perkembangan teknologi hampir menjangkau setiap sisi kehidupan dan berpengaruh pula terhadap cara bersosialisasi dan berkomunikasi, tidak terkecuali juga bidang kehumasan (public relation),” terang Susilo yang mewakili Sekretaris Jenderal Kemhan pada kegiatan Forum Komunikasi Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas).

Baca Juga:  Bertemu Jajaran TNI, Menhan Berjanji Perkuat Kekuatan Alutsista TNI

Forum Tematik Bakohumas Kemhan ini mengangkat tema “Peran Keamanan Siber pada Strategi Komunikasi Humas dalam Rangka Pertahanan Negara”. Tema tersebut dipandang sangat relevan dengan kondisi saat ini, karena dapat memberikan pemahaman dan wawasan, serta antisipasi sejak dini kepada peserta mengenai pentingnya keamanan siber, Selasa (16/07/2019).

“Ancaman siber merupakan suatu bentuk ancaman nyata yang dapat mengganggu pencapaian tujuan negara,” kata Susilo di Gedung A. H. Nasution Kemhan.

Senada dengan Susilo, Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Hukum, Henri Subiakto, menyatakan bahwa teknologi memungkinkan semua orang dapat menjadi produser konten (content producer), baik konten yang bersifat positif maupun negatif.

Baca Juga:  Akhiri Jabatan Sebagai Menhan, Ryamizard Ryacudu Pamit Kepada Pegawai Kemhan

“Di sinilah salah satu fungsi humas pemerintah, harus bisa menjadi wadah bagi citizen public relation untuk membantu penyebaran pemberitaan positif di masyarakat,” ujarnya dihadapan peserta Bakohumas.

Kegiatan Forum Tematik Bakohumas sangat penting untuk diseminasi informasi kepada publik melalui humas Kementerian/Lembaga. Forum ini merupakan bentuk solidaritas antar humas pemerintah untuk berbagi informasi sebagai bahan merumuskan kebijakan di instasi pemerintah. (Ri/Ed)