Pengadilan Negeri Surabaya Bersama Advokat se-Jatim Sosialisasikan Sistem Sidang Online

SURABAYA – Memudahkan masyarakat untuk mendapat keadilan terus dilakukan oleh Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Pada kesempatan kali ini, Pengadilan Negeri Surabaya menyelenggarakan sosialisasi E-litigasi gugatan sederhana dan Eraterang di Ballrom Grand City Surabaya, Jum’at (15/11/2019).

Ahmad Riyadh selaku ketua panitia dalam kegiatan ini sangat berterimakasih kepada seluruh advokat se-Jawa Timur sangat antusias yang sangat luar biasa atas kehadirannya.

“Awalnya kita kita ragu bakal datang peserta sebanyak ini, namun akhirnya dari 1300 kursi yang disediakan hanya beberapa saja yang kosong,” kata Riyadh dalam sambutannya.

Riyadh menambahkan, peserta yang hadir dalam acara ini adalah dari berbagai macam organisasi advokat yang ada di Jawa Timur. Mereka bisa bersatu dalam kegiatan ini.

“Peradinya satu tapi ketuanya ada tiga, tapi Alhamdulilah semua bersatu diacara ini,” ujar ketua panitia Riyadh disambut riuh penonton.

Baca Juga:  Hakim Belum Siap, Putusan Sugi Nur Batal Dibacakan

Riyadh menambahkan, pihaknya berterima kasih pada Ketua Pengadilan Negeri Surabaya dan juga Ketua Pengadilan Tinggi yang sudah memback up penuh kegiatan ini.

Dalam kegiatan ini, dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) Herri Swantoro, Dirjen Badan Peradilan Umum Prim Haryadi, dan Hakim Agung Kamar Perdata Syaiful Maarif.

Selanjutnya, Ketua Pengadilan Negeri Surabaya Nur Syam dalam sambutannya menambahkan, kegiatan ini adalah yang pertama di Indonesia bisa mengumpulkan advokat sebanyak ini.

“Untung ini diadakan setelah Pemilu, kalau sebelum pemilu tentunya panitia banyak yang merangkul,” lanjut advokat senior ini.

Nur Syam mengisahkan, acara ini berawal dari keprihatinan dari masing-masing organisasi advokat yang melakukan sosialisasi ini secara sendiri-sendiri.

Baca Juga:  Keterangan Saksi Pojokkan Marita Sani Terdakwa UU ITE

Akhirnya timbulah ide untuk bisa melakukan sosialiasi ini secara bersamaan dan akhirnya terealisasi dengan baik.

“Semua ketua asosiasi profesi ini menerima dengan baik. Ini menandakan bahwa Ketua panitia juga diterima oleh semua advokat yang ada di Jawa Timur. Kami mengucapkan terimakasih pada nara sumber yang sudah berkenan hadir dan seluruh panitia yang telah bekerja keras dalam pelaksanaan acara ini,” paparnya

Di lain sisi, Herri Swantoro menyatakan, manfaat adanya sosialisasi ini adalah tentunya bermanfaat bagi Mahkamah Agung dan juga para pencari keadilan.

“Dengan adanya acara bisa memberikan pemahaman bagi pencari keadilan apa ecord dan e-litigasi, gugatan sederhana dan era terang,” pungkasnya. (Ady)