PBB Jatim Solid Dukung Yusril Jadi Lawyer Jokowi-Maruf di Pilpres 2019

SURABAYA – DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Jawa Timur (Jatim) telah sukses menyelenggarakan Konsolidasi dan Pemantapan Caleg PBB se-Jatim selama dua hari Sabtu-Minggu, (24-25/11/2018) di Asrama Haji Sukolilo, Kota Surabaya.

Ketua DPW PBB Masduki mengatakan PBB Jatim solid mendukung langkah starategis Ketua Umum Yusril Ihza Mahendra sebagai Lawyer profesional Paslon Nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin.

“DPW PBB tetap solit berada di Belakang Pak Yusril dan mendukung langkah strategis menjadi Lawyer Profesional Capres Jokowi-Maruf Amin, ” kata masduki kepada media saat usai penutupan Konsolidasi dan Pemantapan caleg PBB di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Minggu (25/11/2018).

Masduki menjelaskan, dengan bersedianya Yusril menjadi Lawyer Jokowi-Maruf itu bersifat pribadinya sebagai Advokat. Terkait dengan dukungan Partai Pada Paslol Capres-Cawapres akan di putuskan stelah Rakornas Partai.

Baca: Yusril Tantang Prabowo Sumpah Pocong

“Bersedianya PaK Yusril sebagai Lowyer Capres-Cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin ini atas nama pribadi.  PBB atas nama lembaga belum menentukan sikap mendukung paslon Capres-Cawapres. Dukungan PBB baru akan diputuskan pada Rakornas Partai di bulan Januari 2019,” jelas masduki.

Masduki menegaskan, DPW, DPC PBB se-Jatim siap mejalankan hasil rakornas yang diputuskan DPP, baik mendukung capres nomor urut 01, 02 atau netral sekalipun.

Baca Juga:  Soal Tata Cara Sandiaga Uno Ziarah, Cucu Kiai Bisri Harap Masyarakat Memaafkan

“Misal ya, DPP putuskan medukung Jokowi-Ma’ruf Amin kami siap menjalankan putusan itu, begitu juga ke Prabowo-Sandi, atau netral dan fokus pileg, Kami siap,” tegas Masduki.

Baca: Gugatannya Dikabulkan PTUN, Yusril Minta KPU Masukkan OSO dalam DCT DPD

Sebab, Kata Masduki, DPW dan DPC PBB Se-Jawa Timur menyadari bahwa kebijakan menentukan dukungan Capres-Cawapres adalah menjadi wewenang DPP Sesuai dengan UU Pemilu dan mekanisme i Internal PBB.

“Dukungan capres harus dilakukan oleh DPP,  bahwa DPP mendengar masukan baik dari Majelis Syura dan pengurus daerah itu sesuai denagn hasil keputusan Muktamar,” tegasnya  kembali.

Baca: Yusril Blak-blakan Alasan Tinggalkan Prabowo-Sandi

Untuk itu, Masduki menyerukan kepada seluruh kader dan caleg PBB  untuk fokus pada Pemenangan Pemilihan Legislatif (Pileg) sesuai dengan arahan dari Ketua Umum. Seruan ini menurut Masduki berlaku keseluruh kader dan caleg PBB di seluruh Indonesia.

“Arahan Pak Yusril pada Konsolidasi dan Pemantapan caleg kemarin sudah sangat tegas ya, Fokus Pileg, Pemilu masih 5 bulan lagi, caleg harus menengkan dirinya bukan capres partai lain,” pungkas Masduki.

Sementara, Ketua Bidang Pemenangan Presiden DPP PBB Sukmo Harsono mengatakan bahwa, desakan agar segera mengerucut pada satu nama paslon sudah sangat menguat. Akan tetapi kata Sukmo, DPP tetap menunggu hasil rakornas.

Baca Juga:  Eko Sulistyo: Pertemuan Jokowi – Prabowo Sangat Out of The Box, ‘Jokowi Banget’

“Namun semestinya para Pengurus baik Cabang dan Propinsi harus bisa membaca kemana arah dukungan ketua Umum,” kata Sukmo kepada media di Asrama Haji Sukolilo, Minggu (25/11/2018).

Sebab, kata Sukmo, jika sebelum rakornas ada kader yang secara pribadi telah nyatakan dukung ke Paslon Capres-Cawapres Prabowo-Sandi, nomor urut 02 maka ia juga secara pribadi menyatakan mendukung Capres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin. Karena menurutnya jika PBB dukung Jokowi jauh lebih strategis daripada ke Prabowo. Ia juga mengaku pilihan pribadinya seirama dengan Yusril sebagai Ketua Umum. Namun Sukmo tetap menyarankan kepada kader PBB untuk menunggu hasil keputusan Rakornas.

“Jika ada ya secara pribadi sudah mengatakan dukung 02, maka saya secara pribadi akan sangat strategis jika PBB mendukung pak Jokowi, dukungan pribadi saya ini  atas tafsir saya  pribadi terhadap cara cara kebiasaan Ketum, jadi mari kita tunggu saat rakornas mudah2 dugaan saya tak meleset,” pungkas sukmo. (red)