Nyamar Jadi Masyarakat Sipil, Kadivmin Sidak Lapas Pasuruan Jelang Tengah Malam

PASURUAN – Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkumham Jatim Haris Sukamto punya cara yang tidak biasa dalam melakukan pembinaan, monitoring, pengawasan dan pengendalian (bintorwasdal) ke UPT. Jelang tengah malam kemarin (3/4), Haris menyamar sebagai masyarakat sipil saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Lapas Pasuruan.

Penampilan Haris sekilas tak mencerminkan seorang pejabat. Dia hanya menggunakan T-Shirt dan celana panjang. Bahkan, seorang petugas Penjaga Pintu Utama (P2U) bernama Ruslan sempat tidak mengetahui bahwa yang dihadapannya adalah Pimti Pratama. “Ada yang bisa kami bantu bapak?” Ujar Ruslan dengan ramah.

Baca Juga:  Kakanwil Kemenkumham Jatim Pimpin Sertijab Kalapas Surabaya

Ruslan pun nampak kebingungan ketika Haris memperkenalkan diri dan minta diantar menemui Kalapas. Keduanya lalu menuju rumah dinas Kalapas Pasuruan Fikri Jaya Soebing yang berada satu kompleks dengan Lapas. Haris bukan tanpa tujuan melakukan sidak ala Mysterious Shopper itu.

“Saya ingin memastikan kesiapan Lapas Pasuruan dalam mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju WBK/ WBBM 2019 ini,” ujar Haris.

Fikri lalu mendampingi Haris melakukan inspeksi dan kontrol terhadap kesiapan petugas. Terutama petugas penjagaan. Termasuk melihat kesiapan infrastruktur dalam rangka pembangunan ZI menuju WBK/ WBBM di Lapas Pasuruan.

Baca Juga:  Pimti Pratama Berikan Penguatan di Imigrasi Tanjung Perak

“Alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan, tapi tetap harus ada peningkatan layanan di beberapa aspek,” urai Haris.

Sidak itu berjalan dengan aman dan lancar. Dan berakhir pada pukul 23.00. (red).