Nurdin Longgari, Caleg yang Siap Membawa Aspirasi Wartawan dan Seniman

SURABAYA – Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah 2019 (biasa disingkat Pemilu Legislatif 2019) yang diselenggarakan pada 17 April 2019 nanti, tinggal hitungan beberapa hari kedepan.

Para Caleg yang menjadi peserta gencar melakukan kampanye dan sosialisasi ke masyarakat, berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, masa kampanye telah ditetapkan mulai 23 September 2018 hingga 13 April 2019.

Namun sangat berbeda dengan Nurdin Longgari, Caleg dari Partai Bulan Bintang (PBB) nomor urut 5 Dapil 1 Surabaya ini, memiliki visi yang berbeda dengan para Caleg lainnya.

Nurdin yang dulunya aktif di dunia jurnalistik dan seni . sehingga Ia mempunyai visi ingin membawa aspirasi insan pers dan juga para seniman yang ada di kota Surabaya.

Menurutnya, yang membuat Ia terenyuh adalah, masih banyaknya aksi kriminalisasi dan diskriminasi terhadap para insan pers membuat Nurdin terenyuh.

Baca Juga:  Walau Termuda Sebagai Caleg, Muhammad Ilham Muqorrobin Punya Program yang Inovatif

“Seperti di Kota Pasuruan yang baru-baru ini terjadi tentang perampasan kamera dan handphone Jurnalis ketika meliput situasi di Rutan Polres Pasuruan Kota, karena adanya insiden kaburnya empat tahanan,” ujar Daeng Nurdin, sapaaan akrabnya, Rabu (27/3/19).

Daeng Nurdin menjelaskan bahwa, hal semacam itu seharusnya tidak boleh terjadi, “Karena wartawan/jurnalis memilik kode etik dalam mekaksanakan tugas kejurnalistikan,” jelasnya.

Selain itu, Wartawan juga memiliki hak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik, maupun dalam bentuk lainnya, sesuai dengan undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers.

“Kriminalisasi terhadap wartawan tidak boleh terjadi lagi di daerah manapun, apalagi di Kota Surabaya, karena tugas wartawan sudah dilindungi oleh Undang-undang Pers, hal semacam ini yang akan saya perjuangkan jika saya terpilih menjadi Anggota Dewan,” katanya.

Baca Juga:  Upah Buruh Tak Dibayar, LBP-PP Surabaya Demo ke Disnakertrans

Dalam hal terkait para pekerja seni, Daeng Nurdin memiliki visi untuk menciptakan suatu wadah bagi seniman untuk mementaskan hasil karya mereka. Karena menurutnya, saat ini para seniman sangat kesulitan mencari tempat untuk dapat mementaskan karya seninya.

“Selain insan pers, saya juga akan memperjuangkan para seniman agar memiliki tempat pertunjukan gratis untuk mementaskan hasil karya seniman kota Surabaya,” tutur mantan Produser Stasiun Televisi JTV itu.

Untuk itu, Daeng Nurdin berharap dukungan dan doa restu rekan-rekan para insan pers dan pekerja seni agar dirinya dapat terpilih menjadi anggota DPRD Kota Surabaya dari Dapil 1 Kota Surabaya.

“Saya mohon dukungan dan doa restu rekan-rekan agar dapat membawa aspirasi rekan-rekan jurnalis dan pekerja seni, jika saya terpilih menjadi anggota DPRD Surabaya di Pemilu Legislatif nanti,” tutupnya. (pank)