Meriahkan HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke 64, Ditlantas Polda Jatim Gelar Lomba Pocil

SURABAYA – Tepat di hari jadi Lalu lintas Bhayangkara ke 64, Direktorat Lalulintas Polda Jatim menyelenggarakan lomba Polisi Cilik (Pocil) dengan diikuti ratusan peserta dari para siswa SD perwakilan Sat Lantas seluruh Polres dan Polresta di wilayah Jawa Timur pada 17 sampai 18 September 2019.

Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Budi Indra Dermawan menjelaskan lomba Pocil ini diadakan pihaknya untuk menjalankan program dari Korlantas Polri.

“Program ini tujuannya untuk membentuk karakter anak yang digelar di Polda se-Indonesia. Selain itu pendidikan dan pembinaan yang bersifat atraktif tidak hanya sebatas kemampuan fisik dan baris-berbaris. Namun menggali potensi anak tersebut dengan memasukkan pengetahuan tentang lalulintas,” kata Dirlantas Kombes Pol Budi kepada awak media di Gedung Mahameru Polda Jatim, Selasa (17/9/2019).

Baca Juga:  Ini Tujuan Dirlantas Polda Jatim Gelar Fokus Discussion dengan Korlantas Mabes Polri

Sementara peserta yang mengikuti lomba ini, lanjut Budi hampir seluruh peserta dari masing-masing Polres. Dimana peserta tiap Polres mengirimkan minimal 21 dan maksimal 31 pelajar tambah Danton.

“Durasi saat tampil masing-masing grup diberi waktu 15 menit. Dan maksimal 20 menit melakukan baris-berbaris, pengatur lalulintas dan dilanjutkan variasi gerakan,” terangnya.

Ada beberapa gerakan wajib peraturan baris berbaris (PBB), diantaranya 12 gerakan lalulintas di tempat, 12 gerakan ngatur lalulintas berjalan di modifikasi lagu dan tari daerah kearifan lokal, perfomance kerapian ketepatan waktu dan disiplin kreatifitas.

Baca Juga:  Polda Jatim Gelar Ops Zebra Semeru Selama 14 Hari

“Dari kategori yang dipilih di perlombaan ini yang menang dan untuk selanjutnya diikutkan lomba Pocil dalam tingkat Nasional perwakilan dari Polda Jawa Timur,” paparnya.

Untuk juara Daton terbaik, akan diumumkam oleh tim juri setelah perlombaan. Yakni besok hari Rabu, 18 September 2019. (Ady).