Menang Pilkades, H. Budiono Sebut Ini Adalah Kemenangan Rakyat Masangan Wetan

SIDOARJO – Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak 2020 di Kabupaten Sidoarjo berlangsung pada Minggu (20/12). Salah satu Desa yang melaksanakan Pilkades menggunakan sistem E- Voting adalah Desa Masangan Wetan, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo.

Di Desa Masangan Wetan tersebut ada empat calon yang ingin merebut kepemimpinan, salah satunya adalah H.Budiono, S.H.,M.M. yang berhasil mengungguli empat calon lainnya dengan perolehan suara sebanyak 1.472 , sehingga panitia pemilihan menetapkan H. Budiono menjadi Kepala Desa Masangan Wetan periode 2020-2026.

H. Budiono menang karena program-programnya dianggap paling unggul dari pada calon lainnya. Saat di konfirmasi, H. Budiono mengatakan bahwa kemenangan ini bukanlah kemenangan dirinya, melainkan kemenangan masyarakat Masangan Wetan.

“Ini adalah kemenangan masyarakat Masangan Wetan, mari bersama kita bekerja membangun Desa ini lebih baik lagi,” ucap H. Budiono usai melakukan sujud syukur kemenangan.

Dia pun meminta masyatakat untuk mendukung segala program yang direncanakan nanti. Adapun program tersebut yakni, beasiswa kuliah S1 untuk anak-anak dari keluarga tidak mampu, dorong transparansi lewat digitalisasi, dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Program – program tersebut merupakan program perioritas saya ke depan. Akses pendidikan merupakan salah satu jalan untuk menjadikan warga desa Masangan Wetan lebih berdaya. Selain beasiswa pendidikan, saya berharap bisa memfasilitasi pemberian beasiswa tahfidz. Hal ini mengingat 90 persen warga di desanya adalah beragama islam,” jelas pria lulusan S2 STIE ABI Surabaya itu.

Selain itu, H. Budiono juga bertekad mewujudkan transparansi di desanya. Apalagi, anggaran desa saat ini semakin besar. Untuk mendorong transparansi itu, H. Budiono berencana akan melakukan digitalisasi dengan cara meluncurkan website desa yang bisa jadi jujugan warga untuk mengakses laporan keuangan desa.

“Saya janji akan membuat website desa sehingga masyarakat yang ingin tahu penggunaan keuangan desa, tidak lagi harus jauh-jauh datang ke balai desa. Cukup lihat di web,” kata calon Kepala Desa nomor urut 1 ini.

Perihal pengembangan BumDes, dia menyebut desanya memiliki aset berupa tanah yang dapat dikelola. Salah satunya dengan membangun gedung multifungsi yang dapat disewakan untuk hajatan-hajatan warga.

“Gedung serbaguna nanti dapat dimanfaatkan warga untuk kegiatan olahraga. Misalnya bola voli, futsal, atau bulutangkis,” ujarnya.

Adapun perolehan suara masing-masing Calon Kepala Desa (cakades) adalah nomor urut 1 H. Budiono memperoleh suara sebanyak 1.472, cakades nomor urut 2 H. Mohammad Su’ud memperoleh suara sebanyak 1.217, sedangkan cakades nomor urut 3 Mochamad Kusairi hanya memperoleh suara sebanyak 21, dan cakades nomor urut 4 Mochamad Choirul Isa cuma memperoleh suara sebanyak 67.

Untuk pengguna hak pilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sendiri sebanyak 2.779 dari data pemilih DPT Desa Masangan Wetan yaitu sebanyak 3.305. Sedangkan jumlah suara yang sah sebanyak 2.777. Dan jumlah suara yang dinyatakan kosong hanya 2 suara saja.

Untuk diketahui, penerapan sistem e-Voting dalam Pilkades oleh Pemkab Sidoarjo ini dinilai bisa mengurangi tingkat kerawanan akan kecurangan yang memantik konflik. Sementara untuk setiap Desa yang menggunakan sistem e-Voting membutuhkan 3 sampai 20 alat e-Voting yang disesuaikan dengan jumlah dari DPT tersebut. (AF)