Makna Pahlawan Bagi Seorang Haries Purwoko

SURABAYA – Calon Wakil Wali Kota Surabaya H. Haries Purwoko punya cara sendiri dalam memaknai peringatan Hari Pahlawan yang ditetapkan setiap tanggal 10 November.

Menurut Haries, setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu sebagai nafas peradaban untuk membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, mereka memperingatinya dengan beragam cara.

“Indonesia saat ini khususnya Kota Surabaya membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan Kota ini,” kata Haries dalam siaran persnya yang diterima LimaMenit.ID, Senin (11/11/19).

Terlebih lagi, sambung Haries, dibutuhkan sosok pemuda lndonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, disiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya dan mampu membangun peradaban Kota Surabaya.

Baca Juga:  Haries Purwoko Siap Bangun Peradaban Kota Surabaya

“Kota Surabaya membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial. Sehingga kedepan mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial,” ujar Ketua MPC Pemuda Pancasila Surabaya itu.

Haries menjelaskan bahwa, dengan peringatan hari pahlawan hendaknya bisa mengingatkan semua orang akan jasa para pahlawan yang sangat besar bagi bangsa dan negara.

“Kita mengingat perjuangan para pahlawan yang sudah dengan keringat,tenaga, dan darahnya untuk bangsa ini,” jelasnya.

Untuk itu, Haries mengajak seluruh lapisan masyarakat Kota Surabaya, melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa karena kemerdekaan harus diisi dengan hal yang baik dan bermanfaat.

Baca Juga:  Hadiri Acara Mappacci, Haries Purwoko Doakan Putra Sekretaris Pemuda Pancasila Surabaya

“Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya yang dapat menjadi bangsa yang besar. Untuk itu kita bangkitkan semangat peradaban dan berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini,” ungkap Haries Purwoko yang juga menjabat sebagai Dirut PT Gedung Expo Wira Jawa Timur.

Haries menegaskan, Hari Pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

“Untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat, khususnya di Kota Surabaya mari kita bangun peradaban,” pungkas Haries. (AF)