Lepas Kontingen, Jokowi Berharap Indonesia Masuk 2 Besar Sea Games 2019

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga pada Sea Games ke-30 Tahun 2019 di Filipina, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/11) sore.

Acara pelepasan kontingen Sea Games Indonesia diawali dengan penyerahan bendera Merah Putih dari Presiden Jokowi kepada Chef de Mission (CdM) Sea Games 2019  Harry Warganegara.

Dalam arahannya Presiden Jokowi mengatakan, sesuai laporan Menpora, atlet Indonesia yang akan berangkat ke Sea Games ke-30 di Filipina ada 841 atlet. Mereka akan mewakili 267 juta masyarakat Indonesia.

Oleh sebab itu, Presiden berharap semangat untuk membawa nama reputasi negara ada di tangan ke-841 atlet Indonesia yang berlaga di Sea Games ke-30 di Filipina itu.

Presiden mengingatkan, jika di Asian Games, Indonesia dulu berada di rangking ke-15, ranking ke-17, tapi bisa meloncat ke ranking 4.

Sementara di  Sea Games yang sebelumnya, Indonesia selalu berada di rangking 5, sebelumnya  5 lagi.

Baca Juga:  Gubernur Khofifah Terima PPD 2019 dari Presiden Jokowi

Tapi Presiden meminta di Sea Games ke-30 di Filipina tahun ini, Indonesia harus masuk ke 2 besar. “Siap?,” tanya Presiden Jokowi yang langsung dijawab oleh seluruh anggota kontingen Indonesia dengan lantang, “Siap!”.

Presiden mengingatkan agar berhati-hati dengan target yang harus diperjuangkan itu, karena bukan rangking yang mudah diraih.

“Tapi saya melihat dari wajah, dari wajah, dari wajah, dari wajah saudara-saudara memperlihatkan semangat yang tinggi yang kita harapkan apa yang tadi saya sampaikan betul-betul bisa kita raih, meskipun saya tahu bukan hal yang mudah, bukan hal yang gampang,” ucap Presiden Jokowi.

Kepala Negara meyakini, dukungan 267 juta rakyat akan memberikan sebuah semangat tersendiri bagi perjuangan para atlet meraih medali yang sebanyak-banyaknya di Sea Games ke-30 di Filipina.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya berangkatkan tim Sea Games ke-30 di Filipina tahun 2019,” kata Presiden secara resmi melepas kontingen Indonesia ke Sea Games 2019.

Baca Juga:  Siswa SD Jayapura dan Asmat Nyanyi dan Beri Cindera Mata ke Presiden Jokowi

Janji Beri Bonus Peraih Medali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis Indonesia akan bisa menduduki peringkat 2 (dua) pada Pesta Olahraga Asia Tenggara atau Sea Games ke-30 Tahun 2019, di Filipina.

Presiden menjagokan cabang olahraga sepak bola, dan berjanji akan memberikan bonus bagi atlet Indonesia yang meraih medali pada Sea Games 2019 itu.

“Kalau masuk 2 besar, ya tentu ada bonusnya. Ada bonusnya,” kata Presiden Jokowi.

Saat wartawan menanyakan besarnya bonus, Presiden mengatakan akan dihitung. Yang jelas, tegas Presiden, pemerintah akan memberikan bonus-bonus khusus untuk yang meraih medali.

Jagokan Sepak Bola

Saat ditanya wartawan mengenai cabang olah raga yang dijagokan dalam Sea Games ke-30 itu, Presiden Jokowi menunjuk sepak bola.

“Kemarin sama Thailand aja menang,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui Tim Nasional Indonesia telah mengalahkan juara bertahan Thailand 2-0, dalam pertandingan pertama Sea Games ke-30 Tahun 2019, di Manila, Filipina, Selasa (26/11) kemarin. (FID/OJI/ES)