Kumham Jatim Berikan Apresiasi Kepada Stakeholder Terkait

SURABAYA – Apresiasi ditunjukkan Kanwil Kumham Jatim kepada para stakeholder yang selama ini menjadi mitra kerja. Mulai dari eksekutif, aparat penegak hukum hingga insan wartawan media massa.

Apresiasi tersebut diserahkan secara simbolis dalam bentuk piagam penghargaan. Gubernur, Polda, Kejaksaan Tinggi, Pengadilan Tinggi, Ombudsman RI hingga Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

“Ini adalah wujud terima kasih kami atas dukungan dalam menciptakan pelayanan hukum dan HAM yang prima kepada masyarakat,” ucap Krismono.

Kakanwil berharap, silahturahmi dan kerjasama bisa terjalin lebih baik lagi ke depannya. Sehingga bisa menciptakan penegakan dan pelayanan hukum yang semakin baik.

“Mari bekerja sama dan bekerja bersama-sama untuk kemajuan di bidang hukum dan HAM,” ajak Krismono.

Baca Juga:  Tiadakan Layanan Kunjungan, Lapas Porong Optimalkan Video Call

Ombudsman Berikan Respon Positif

Sementara itu, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur, Agus Muttaqin mengapresiasi Deklarasi Janji Kinerja dan Pembangunan Zona Integritas yang digelar Kanwil Kumham Jatim hari ini (4/2).

Menurutnya, langkah ini menjadi pertanda komitmen pelaksanaan reformasi birokrasi yang harus diikuti seluruh penyedia layanan publik lainnya.

Hal itu diungkapkan Agus saat memberikan arahan di sela-sela kegiatan. Agus mengatakan bahwa salah satu poin penting dalam pembangunan zona integritas adalah dalam aspek pemenuhan syarat-syarat administratif.

“Namun yang lebih penting adalah perubahan perilaku ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Dia berharap, deklarasi ini harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan. Yaitu tidak hanya menerima layanan, tapi juga menjemput bola.

Baca Juga:  Kakanwil Krismono Pastikan Ruang Isolasi COVID-19 Lapas Sidoarjo Siap

“Pelayanan publik yang prima sangat dibutuhkan dan penyedia layanan publik harus bisa merespon dengan baik,” urainya.

Dia juga berharap agar jajaran Kanwil Kumham Jatim bisa melakukan pengelolaan pengaduan dengan lebih baik. Karena, media sosial berpotensi membuat persoalan yang tidak segera diselesaikan menjadi semakin pelik.

“Permasalahan yang dikeluhkan masyarakat harus selesai cepat, tepat dan memuaskan,” terangnya.

Agus mengapresiasi perubahan yang dilakukan Kumham Jatim. Menurutnya, Kumham Jatim sudah mengalami banyak perbaikan positif. Sehingga Unit Pelaksana Teknis (UPT) di jajarannya terbilang minim persoalan.

“Saya kira deklarasi ini merupakan langkah maju bagi semua insan pengayoman untuk memberi pelayanan terbaik pada masyarakat di Jawa Timur,” tutup Agus. (Red)