KPK OTT Bupati Bengkayang, Ratusan Juta Rupiah Disita

JAKARTA – Tim satuan tugas (Satgas) KPK kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Kali ini KPK menangkap Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot, pada Selasa (3/9).

Penindakan tersebut dilakukan KPK selang satu hari dari dua OTT terhadap Bupati Muara Enim Ahmad Yani dan Direktur Pemasaran PTPN III (Persero), I Kadek Kertha Laksana.

Juru bicara KPK, Febri Diansyah, mengatakan Suryadman ditangkap karena diduga ada transaksi terkait proyek di Kabupaten Bengkayang.

“Diduga ada transaksi terkait proyek di Pemkab Bengkayang,” kata Febri dalam keterangannya, Rabu (4/9).

Baca Juga:  Komisi III Pertanyakan Hasil Kinerja KPK Periode 2015-2019

Dari dugaan transaksi itu, KPK menyita uang ratusan juta rupiah. “Ada uang ratusan juta juga yang kami amankan sebagai barang bukti,” ujar Febri.

Febri menyebut Suryadman ditangkap bersama 4 orang lain termasuk pejabat Pemkab Bengkayang dan swasta. Kini 5 orang itu tengah menjalani pemeriksaan intensif di KPK.

Sebelumnya, KPK telah juga telah menyegel salah satu ruangan di kantor Pemerintah Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Selasa (3/9) kemarin.

“5 orang termasuk Bupati, pejabat Pemkab lain sudah di KPK (usai OTT). 2 lainnya dibawa pagi ini ke KPK dari Pontianak,” ujar juru bicara KPK. (Red/KN).