Ketua Umum IDMI Apresiasi Enam Polres Jajaran Polda Jatim Sandang Predikat Pelayanan Prima

SURABAYA – Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Dai Muda Indonesia (IDMI) Drs. K.H. Abdulloh Faqih, S.H, M.Hum mengucapkan selamat kepada Polrestabes/ Polresta/ Polres Jajaran di Polda Jawa Timur yang berhasil mendapat predikat “Pelayan Prima” dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), pada Selasa (16/2021) kemarin.

Ucapan selamat itu ditujukan kepada enam polres yang mendapat penghargaan, diantaranya. Kapolrestabes Surabaya, Kapolresta Sidoarjo, Kapolresta Malang Kota, Kapolresta Banyuwangi, Kapolres Gresik, dan Kapolres Malang.

Kyai Faqih yang juga Ketua Korwil II Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) Provinsi Jawa Timur berharap, prestasi tersebut dapat menjadi contoh dan pemicu bagi Polres lain, dalam berinovasi mendukung pelayanan masyarakat.

Baca Juga:  Diduga Sebagai Praktik Asusila, Mami De Berry Karaoke Diamankan Polda Jatim

“Saya berharap dengan adanya penghargaan ini dapat menjadi pemicu bagi Polres lain dalam menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat mendukung pelayanan kepada masyarakat,” kata Kyai Faqih, Rabu (17/2/2021).

Ketua MPW Forum Silaturahmi Ta’mir Masjid dan Mushola Indonesia (FAHMI TAMAMI) Jawa Timur ini juga menyampaikan bahwa, hal ini juga dapat menjadi penyemangat untuk jajaran Polres yang telah berprestasi.

Perlu di ketahui, rewards itu diberikan karena terciptanya pelayanan publik yang baik. Dalam hal ini, Kemenpan-RB melakukan evaluasi tiap tahunnya. Pada tahun 2020, Kementerian menilai setidaknya 209 unit layanan yang ada di Polres, Polresta, Polrestabes dan Polres Metro.

Baca Juga:  Bawa Senpi Rakitan, Dua Bandar Pil Koplo Asal Jember Dibekuk Polda Jatim

Aspek yang menjadi penilaian predikat Pelayanan Prima diantaranya adalah, kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, dan inovasi pelayanan publik.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberikan penghargaan kepada 12 Polres/ Polresta/ Polrestabes yang dinilai memberikan pelayanan prima kepada publik.

Berikut 12 Polres/ Polresta/ Polrestabes yang mendapatkan penghargaan dari Menpan RB atas pelayanan prima kepada publik dengan kategori nilai A yakni Polresta Sidoarjo, Polrestabes Surabaya, Polresta Cirebon, Polres Banyuwangi, Polres Malang, Polrestabes Palembang dan Polrestabes Bandung.

Kemudian Polres Gresik, Polresta Pekanbaru, Polres Malang Kota, Polres Kulon Progo dan Polres Sleman. (AF)