Ketua DPD RI Pimpin Pemilihan Pimpinan Alat Kelengkapan Periode 2020-2021

JAKARTA – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menggelar pemilihan Pimpinan Alat Kelengkapan (Alkel) DPD RI periode 2020-2021.

Pemilihan Pimpinan Alkel ini berlangsung melalui mekanisme musyawarah mufakat dan voting. Dipimpin langsung oleh Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Wakil ketua DPD RI Nono Sampono, Mahyudin, Sultan B. Najamudin, pemilihan tersebut berlangsung secara dinamis.

LaNyalla saat memimpin pemilihan Komite III DPD RI mengatakan, semua pimpinan dipilih terlebih dahulu dari sub wilayah masing-masing yaitu Barat 1, Barat 2 dan Timur 1, Timur 2. Kemudian baru dilakukan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua di masing-masing alat kelengkapan utama Komite dan non Komite.

“Hal ini mencerminkan kesimbangan wilayah. Saya juga berharap yang terpilih terus bekerja secara kolektif kolegial,” ucap LaNyalla di Gedung DPD RI Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (19/8).

Secara musyawarah dan mufakat, Komite III berhasil memilih 4 orang pimpinannya, yaitu Sylviana Murni sebagai Ketua, Wakil Ketua I Evi Apita Maya, Wakil Ketua II M. Rahman, dan Wakil Ketua III Fadhil Rahmi.

Baca Juga:  Perang Dagang Amerika-Tiongkok, La Nyalla Tegaskan Tak Berpengaruh Pada Perdagangan Jatim

Sementara itu, Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono yang memimpin rapat pemilihan Pimpinan Komite I mengatakan agar pimpinan yg terpilih periode 2020-2021 ini, semakin memperjuangkan kepentingan daerah, sehingga percepatan pembangunan di daerah dapat terwujudkan.

“Semoga Pimpinan Komite I yang baru dapat mengemban amanah dan tugas sesuai fungsi konstitusional Komite I pada khususnya dan tugas DPD RI pada umumnya,” pesan Nono.

Komite I menyelenggarakan pemilihan pimpinannya secara aklamasi. Hasil pemilihannya adalah Fachrul Razi terpilih sebagai Ketua, Djafar Alkatiri sebagai Wakil Ketua I, Abdul Kholik sebagai Wakil Ketua II, dan Fernando Sinaga sebagai Wakil Ketua III. 

“Saya mengapresiasi Pak Teras Narang yang merupakan Ketua Komite I sebelumnya. Beliau tidak hanya berhasil memimpin Komite I, tetapi juga melakukan kaderisasi yang luar biasa. Kami berkomitmen memperjuangkan daerah. Kita akan fight pemerintah jika ada kebijakan-kebijakan yang merugikan negara,” ucap Fachrul yang merupakan Senator dari Provinsi Aceh ini.

Sedangkan Komite II bersepakat untuk terus melanjutkan kepemimpinan periode sebelumnya. Pimpinan Komite II DPD RI untuk periode 2020-2021 tetap sama, yaitu Ketua Komite II Yorrys Raweyai, Wakil Ketua I Abdullah Puteh, Wakil Ketua II Bustami Zainudin, dan Wakil Ketua III Hasan Basri.

Baca Juga:  Salurkan Hak Suara, La Nyalla Optimis Lolos Jadi DPD RI

Pemilihan Pimpinan Komite IV DPD RI dilakukan secara voting. Senator dari Jambi, Elviana kembali terpilih sebagai Ketua Komite IV DPD RI dengan Sukiryanto sebagai Wakil Ketua I, Casytha A. Kathmandu sebagai Wakil Ketua II, dan Novita Anakotta sebagai Wakil Ketua III.

Selain itu, untuk Alkel non Komite seperti Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU) DPD RI akan dipimpin Badikenita Putri Sitepu sebagai Ketua, Wakil Ketua I Eni Sumarni, Wakil Ketua II Ajbar Abdul Kadir, dan Wakil Ketua III Angelius Wake Kako.

Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) akan diketuai oleh Ahmad Nawardi, Wakil Ketua I Andi Muh. Ihsan, Wakil Ketua II Stefanus BAN Liow, dan Wakil Ketua III Arniza Nilawati. (AF)