Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti Ziarah ke Makam KH Hasyim Asyari

JOMBANG – Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) LaNyalla Mahmud Mattalitti berziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari yang terletak di kompleks Ponpes Tebu Ireng, Jombang, Rabu (25/12/2019).

Di kompleks tersebut, juga terdapat makam KH Wahid Hasyim dan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Senator DPD asal Jawa Timur itu juga berziarah ke makam KH Abdul Wahab Hasbullah yang juga salah seorang pendiri NU.

Dari pantauan media, LaNyalla Mattalitti yang mengenakan kemeja warna biru dan peci hitam tampak berbaur dengan para peziarah yang lain. Setiap hari, makam para ulama berpengaruh itu memang diziarahi ribuan orang. LaNyalla diterima pengasuh Ponpes Tebu Ireng Gus Luqman.

Baca Juga:  Ketua DPD RI Ajak Masyarakat Doakan Wiranto Agar Segera Pulih

“Semoga kita semua bisa meneladani para ulama tersebut. Ziarah ini adalah bagian dari mendoakan beliau-beliau serta sekaligus berharap kita bisa meneladani kiprah kebaikan beliau,” ujar LaNyalla yang dikenal kerap berziarah ke makam para tokoh di daerah yang dikunjunginya.

Ketua DPD RI menambahkan, dengan berziarah, kita semua bisa mengingat perjuangan para ulama dalam membela umat dan dalam menyebarkan Islam secara damai.

“Kita bisa menggali inspirasi yang tak akan pernah habis dari beliau-beliau para kekasih Allah, bagaimana perjuangan beliau-beliau, bagaimana cinta beliau kepada umat,” ujar LaNyalla.

Baca Juga:  Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti Ajak Tokoh Lampung Kawal Pembangunan

Seusai berziarah, LaNyalla juga sempat membeli sejumlah suvenir di sekitar lokasi yang banyak dijubeli para pedagang. LaNyalla mengatakan, ziarah telah menjadi bagian dari wisata religi yang bisa memberdayakan ekonomi umat.

“Pengembangan wisata religi harus terus dilakukan. Ziarah tidak hanya menjadi oase bagi iman kita, tapi juga memandirikan ekonomi umat. Tentunya harus diiringi pemberdayaan para pedagang, UMKM yang ada di sekitar lokasi makam para kekasih Allah,” terang Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti. (AF)