Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti Prihatin Kebakaran di Kotabaru Kalsel

SURABAYA – Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) LaNyalla Mahmud Mattalitti turut prihatin atas musibah kebakaran yang melanda Desa Sungaibali, Kecamatan Sebuku, Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Menurut Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti, kebakaran yang baru dapat dilokalisir pukul 03.00 WITA itu, melalap sedikitnya 500-an rumah dan mengakibatkan sekitar 1.800 jiwa mengungsi karena kehilangan tempat tinggal.

“Saya mendukung upaya para senator dari daerah pemilihan Kalimantan Selatan untuk segera mengambil langkah taktis dan cepat untuk memberi bantuan dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat,” kata Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti, Minggu (24/11/19).

Baca Juga:  Dukung Kemenhub Bekukan Sejumlah Rute Penerbangan, Ketua DPD RI: Keselamatan Penumpang Lebih Utama

Kebakaran melanda 1 desa di Pulau Sebuku, Kotabaru itu, membuat seluruh rumah di desa itu yang jumlahnya mencapai ratusan unit ludes dilalap api.

Sebelumnya diberitakan, kobaran api mulai melalap rumah warga pada Sabtu (23/11/2019) sekitar pukul 21.30 Wita. Api cepat membesar karena bangunan rumah warga mayoritas berbahan material kayu. Sehingga si jago merah dengan mudah merembet lebih cepat.

Kondisi diperparah dengan peralatan pemadaman yang minin, hanya ada satu unit milik salah satu perusahaan setempat. Selain itu sumber air juga sulit didapatkan di lokasi terdekat.

Baca Juga:  Pemuda Pancasila Sampang: Terimakasih Warga Madura Atas Suaranya Untuk Bapak La Nyalla

Alat berat jenis exavator milik salah satu perusahaan tambang batubara setempat akhirnya diturunkan untuk membongkar beberapa bangunan pasar agar laju api tidak merajalela.

Belum bisa dipastikan penyebab kebakaran. Namun, kerugian akibat musibah ini ditaksir mencapai puluhan miliyar rupiah. (AF).