Kepala BPN Pangkalpinang Dimutasi? Ini Klarifikasi Kanwil BPN Babel

PANGKALPINANG – Santer terdengar info bahwa Kepala Kantah BPN Pangkalpinang, Isnu Baladipa dimutasi ke wilayah Sumbagsel, atau tepatnya Kabupaten Lahat, Kota Pagaralam, Jumat (25/10/2019).

Keterangan non resmi ini didapat awak media dari salah satu warga Pangkalpinang yang secara kebetulan memang sedang bersengketa dengan pihak Kantah BPN Pangkalpinang dan seorang oknum Pengusaha Showroom JS. Dalam dugaan kasus penerbitan Sertifikat diduga aspal bernomor 00054 tertanggal 19 September 2018, atas nama oknum pengusaha tadi.

“Pak IB Kantah BPN Pangkalpinang dipindahkan ke BPN Kodya Pagaralam (Sumsel), terhitung mulai tanggal 01/10/2019, beliau berangkat menunggu pengganti yang baru,” demikian isi pesan dari sumber yang berkeberatan namanya dimasukan dalam media.

Baca Juga:  Demokrat Ancam Bongkar Ucapan Prabowo saat Bertemu SBY

Berbekal informasi tersebut, media segera mengklarifikasi kebenaran info tadi, dengan menghubungi Kepala Kanwil ATR BPN Provinsi Babel, Agus Susanto. Dalam pesan instan WhatsApp yang direspons olehnya, Agus mengatakan bahwa pengangkatan Kepala Kantor Pertanahan merupakan kewenangan penuh dari Menteri (ATR/BPN).

“Kakanwil hanya sebatas mengusulkan, namun keputusan sepenuhnya di tangan Bapak Menteri tanpa perlu mengkomunikasikan dengan Kakanwil,” jawab Agus Susanto.

Kata Agus, penempatan pejabat Kakantah tidak dibatasi secara kaku, sesuai kebutuhan organisasi secara nasional, dalam sudut pandang jajaran pimpinan kementerian.

Baca Juga:  Klaim Menang 62%, Relawan Kami Rakyat Jokowi Tantang BPN Adu Data

“Ada kepala kantor yang hanya menjabat beberapa bulan, tetapi ada juga yang sampai 4 tahun bahkan lebih,” imbuhnya.

Ketika pertanyaan difokuskan, apakah benar terjadi pergeseran posisi di level Kepala Kantah BPN Pangkalpinang, secara diplomatis Agus meminta pihak media menunggu keterangan resmi dari pihaknya.

“Saya belum dapat mengkonfirmasi isu tersebut. Belum ada konfirmasi juga, mohon menunggu (info resmi–red),” kata Agus. (LH)