Kapolda Jatim Tinjau Keamanan Gereja di Misa Malam Natal Bersama Gubernur dan Pangdam V/Brawijaya

SURABAYA – Selain meninjau keamanan pada Misa Malam Natal dilaksanakan secara serentak bagi umat nasrani di Indonesia, tepatnya pada sore hari ini, Selasa (24/12/2019).

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan ditemani Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Pangdam V/ Brawijaya Mayjend TNI Wisnoe Prasetja Boedi serta Forkopimda Jawa Timur menyapa dan mengucapkan Selamat Hari Natal kepada jemaat nasrani 2 Gereja ada di Kota Surabaya.

Dengan iring-iringan, sekitar pukul 16.00 WIB rombongan berangkat dari Gedung Grahadi Surabaya, terlebih dulu menuju ke Gereja Katolik Hati Kudus Yesus yang berada di Jalan Polisi Istimewa 17 Surabaya. Wajah Kapolda Jatim pun sedikit terkejut, ketika kedatangannya telah ditunggu ribuan Jemaat yang sedang mengikuti prosesi Misa Malam Natal.

Setibanya di Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Surabaya, sekitar pukul 16.45 WIB, perwira tinggi dengan pangkat dua bintang di pundak ini menyapa dan mengucapkan Selamat Hari Natal ke beberapa jemaat seraya menuju masuk ke ruang utama diselenggaranya Misa Malam Natal.

Baca Juga:  Dana BPOPP TisTas SMA SMK Cair, Gubernur Khofifah : Wujudkan Pendidikan Jatim Gratis dan Bekualitas

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan melalui Khofifah mengatakan, bahwa kedatangannya bersama Gubernur dan Pangdam V/Brawijaya beserta Forkopimda Jatim bukan hanya meninjau keamananan dalam pelaksanaaan Misa Malam Natal di Gereja-gereja. Melainkan sekaligus dirinya ingin mengucapkan selamat hari Natal.

“Selain untuk tinjau langsung keamanan, kami juga mengucapkan selamat hari Natal kepada umat nasrani. Saling menghormati keragaman budaya, karena kita semua adalah saudara sebangsa dan setanah air,” ujar Gubernur Jatim didampingi Irjen Luki Hermawan dan Pangdam V/Brawijaya, (24/12/2019).

Setelah itu, rombongan Tiga Pilar beserta Forkompimda Jatim geser ke Gereja selanjutnya. Yakni di Gereja Bethany, di Jalan Ngiden Intan Timur I No. 29 Ngiden Surabaya. Sama halnya di Gereja sebelumnya, kedatangan Tiga Pilar tersebut disambut hangat oleh Romo dan puluhan Jemaat.

Baca Juga:  Gubernur Khofifah Gagas Triangle KEK Singosari-BBIB-UB Forest untuk Jatim

Irjen Luki Hermawan menyampaikan pesan bagi masyarakat tidak perlu takut bagi umat nasrani yang ingin melakukan prosesi puncak perayaan Natal.

“Pengamanan tetap kami akan utamakan. Terutama bagi umat nasrani yang sedang mengikuti kebaktian perayaan Natal bersama keluarga atau keluarga dengan tenang dan aman,” tandas Luki.

Khofifah menambahkan, kehadiran Forkompimda ke Gereja adalah sebuah bentuk wujud kebersamaan antar umat beragama dan menunjukkan pemerintahan pada saat ini berada di tengah-tengah masyarakat.

“Dengan cara ini, kita bisa membangun understanding atau pemahaman, guna membangun persaudaraan kita sebagai Bhineka Tunggal Ika,” sebut Khofifah Indar Parawansa di Gereja Bethany Surabaya.

Peninjauan dua Gereja juga dilakukan oleh Waka Polda Jatim, Brigjen Pol Djamaludin, didampingi Wagub Jatim dan Kasdam V Brawijaya. Dua Gereja yang ditinjau adalah Gereja Katolik Redemtor Mundi, Jalan Dukuh Kupang Barat I No. 7 Surabaya dan GPPS Pantekosta, Jalan Arjuno Surabaya. (Ady)