Kanwil Kemenkumham Jatim Gelar Pendampingan Penyempurnaan SOP

SURABAYA – Prosedur Operasi Standar (POS atau SOP dalam Bahasa Inggris) memegang peran penting dalam sebuah organisasi.

SOP menjadi pedoman bagi pegawai untuk menjalankan tugas dan fungsinya. Mengingat pentingnya peran SOP, Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar pendampingan penyempurnaan SOP hari ini (12/6).

Dalam kegiatan yang dilangsungkan di Ruang Rapat Teleconference itu dihadiri narasumber dari Biro Perencanaan yang dipimpin Mulyawandari selaku Kasubbag Analisis Tata Laksana.

Kegiatan dibuka langsung Kadiv Administrasi Haris Sukamto didampingi Plt Kadiv Keimigrasian Barlian.

Baca Juga:  Kadiv Imigrasi Ulas Undang-undang Tentang Keimigrasian di TPI Juanda

Selain itu, kegiatan diikuti pejabat struktural Divisi Administrasi dan Keimigrasian beserta para operator SOP Kanwil Kemenkimjam Jatim.

Dalam sambutannya, Haris mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat penting. Terutama untuk menyamakan persepsi dan menyusun aturan yang baku. “Selama ini kita sudah punya SOP di wilayah. Semoga SOP kita sama dengan pusat. Bila tidak sama, maka kita sempurnakan bersama-sama,” ujarnya.

Haris berharap agar tim dari pusat tidak hanya menerima, tapi juga harus memahami kondisi atau kultur di daerah. Sehingga ada checks and balances. Kami mohon bantuan yang maksimal dari tim pusat,” terangnya.

Baca Juga:  Cegah Trafficking, Imigrasi Surabaya Awasi TKI Non Prosedural

Haris pun berharap, setelah kegiatan ini, SOP benar-benar diaplikasikan. Tidak hanya jadi pajangan. Karena dewasa ini memberikan layanan publik yang prima adalah sebuah keharusan. “Jadi jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Mulyawandari menngungkapkan bahwa dalam kesempatan ini akan dibahas SOP Administrasi Pemerintahan (AP). Timnya akan melakukan identifikasi kebutuhan, evaluasi dan melakukan kroscek serta penyempurnaan. (Red).