Kakanwil Kumham Jatim Beri Penguatan Kepada Kalapas dan Karutan

SURABAYA – Kondisi Lapas/ Rutan di Jatim selama ini relatif kondusif. Kendati demikian, Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati tidak berhenti melakukan pembinaan kepada para Kalapas/ Karutan. Khususnya untuk pengkatan kualitas tugas dan fungsi pemasyarakatan.

Hari ini (4/4), sebanyak 32 Kalapas/ Karutan dikumpulkan untuk diberikan penguatan terkait dengan pengadaan makanan untuk WBP.

Penguatan itu diberikan untuk menindaklanjuti arahan Dirjenpas terkait dengan berbagai permasalahan pemasyarakatan yang sedang up todate saat ini. Susy didampingi Kadiv Administrasi Haris Sukamto dan Kadiv Pemasyarakatan Pargiyono.

Susy mengaku bahwa penguatan ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan pihaknya. Menurutnya, ini adalah langkah preventif untuk memastikan bahwa Lapas/ Rutan dalam kondisi yang kondusif. Berbagai isu terkait Lapas/ Rutan dibahas. Salah satunya, seluruh kalapas/ karutan wajib memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan makan bagi WBP. Dengan memenuhi semua kebutuhannya sesuai dengan peraturan yang berlaku

Baca Juga:  Kanwil Kemenkumham Jatim Lengkapi Perayaan HDKD 2019 dengan Potong Tumpeng dan Kue Tart

“Tidak boleh ada pengurangan sedikitpun, karena itu merupakan hak WBP, pelaksanaannya akan dimonitor tim yang dibentuk Kakanwil diketuai oleh Kadivpas,” terangnya.

Kakanwil menyampaikan pula arahan terkait dengan upaya memberantas pungli di Lapas/ Rutan. Juga strategi menghadapi pemilu, evaluasi kinerja para kepala UPT, pemantapan UPT yang akan ditetapkan sebagan UPT WBK, persiapan rakerkol 2019 dan persiapan UPT menghadapi bulan Ramadan. Disinggung pula tentang Revitaliasasi Pemasyarakatan terutama terkait penetapan Lapas Maksimum, Medium dan Minimum.

Kakanwil berpesan bahwa seluruh Lapas/ Rutan harus tetap bekerja sesuai SOP, peraturan dan kebijakan lainnya dengan penuh tanggungjawab. Dan selalu berbuat yang terbaik untuk istitusi, bangda dan Negara, Always The Best. Jika hal tersebut dilakukan dengan baik, Susy yakin kondisi di Lapas/ Rutan akan relatif aman.

Baca Juga:  Dirjen Pemasyarakatan Minta Kemenkumham Jatim Percepat Bangun Pondok Pengayoman Ngajum

“SOP dan arahan pimpinan harus diperhatikan, termasuk dari Menteri atau Dirjenpas harus jadi pedoman sehari-hari,” tegasnya. (Red).