Kakanwil Kemenkumham Jatim Pimpin Sertijab Serentak 18 Kepala UPT

SURABAYA – Rotasi pejabat beberapa waktu lalu melibatkan mayoritas kepala UPT jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim. Agar prosesi serah terima jabatan (sertijab) berlangsung efisien, pelaksanaannya dilakukan serentak di kantor wilayah siang ini (17/1).

Sebanyak 18 Kepala UPT baru resmi mulai melaksanakan tugasnya.

Para kepala UPT yang dilantik berasal dari jajaran imigrasi dan pemasyarakatan (lapas, rutan, bapas dan rupbasan). Kegiatan yang digelar di Aula Kanwil itu dipimpin langsung Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati. Selain itu para pimti pratama juga menjadi saksi.

Baca Juga:  Kabiro Keuangan Beri Penguatan Tim Pokja Pembangunan Rutan Perempuan Surabaya

Dalam sambutannya, susy menjelaskan bahwa sertijab adalah prosedur yang lazim pada birokrasi pemerintahan. Jabatan bukanlah sesuatu yang abadi. Ada masa naik, pasti ada pula masa turun.

“Untuk itu, sertijab yang bersifat formil dan diikuti oleh acara informil berupa pisah sambut, adalah agenda rutin di banyak instansi,” ujarnya.

Susy melanjutkan bahwa sertijab ini sekaligus menjadi kesempatan terakhir bagi pejabat lama untuk melengkapi pertanggungjawaban selama menjabat. Untuk itu, baik pejabat yang dilepas, maupun pejabat yang menggantikan, sebaiknya kritis dengan melakukan check dan recheck tentang inventaris dinas yang diserahkan atau yang diterima.

Baca Juga:  Susy Susilawati Sebut Jawa Timur Juga Punya Gedung Rutan Perempuan Baru

“Maksudnya tentu agar pejabat baru mengetahui medan tugas serta apa yang mesti dikerjakan,” terangnya.

Selain itu, lanjut Susy, bisa juga dimaknai sebagai kesinambungan kerja, dimana, jangan sampai terjadi, yang akan dikerjakan oleh pejabat baru, justru telah digarap oleh pejabat lama. Sehingga tumpang tindih.

Tentu, yang paling utama dari acara serah terima jabatan ini adalah ada pengoperan atau pengalihan tanggung jawab dan wewenang dari pejabat lama ke pejabat baru. (AF)