Kakanwil Kemenkumham Jatim Ambil Sumpah 35 PPNS, JFT dan Notaris

SURABAYA – Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati mengambil sumpah 35 orang pejabat baru pagi ini (9/7). Yaitu 25 Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), 5 Pejabat Fungsional Tertentu (JFT) dan 5 Notaris. Susy berharap pejabat yang baru saja dilantik untuk hati-hati, cermat dan teliti dalam pelaksanaan tugas.

Pelantikan tersebut dilaksanakan di Aula Kanwil. Dihadiri oleh pejabat terkait seperti Kadiv Pemasyarakatan Pargiyono, Kadiv Yankumham Hajerati dan pejabat dari pemda terkait. Memang, PPNS yang dilantik mayoritas berasal dari Pemda di daerah Jatim.

Baca Juga:  Kadiv Imigrasi Ulas Undang-undang Tentang Keimigrasian di TPI Juanda

Dalam sambutannya, Susy mengungkapkan bahwa pejabat yang dilantik harus bisa mengerti batas-batas kewenangannya. Mentaati ketentuan hukum yang berlaku dan mengetahui seberapa jauh dapat bertindak serta memiliki integritas moral yang mantap.

“Segala pertimbangan moral harus melandasi pelaksanaan tugas profesinya,” ujarnya.

Susy menegaskan walau akan memperoleh imbalan/ gaji yang tinggi, namun sesuatu yang bertentangan dengan moral yang baik harus dihindari. Khusus untuk PPNS, agar segera melakukan koordinasi dan dengan penyidik polri sebagai koordinator pengawas (korwas).

“Koordinasi dan pengawasan PPNS perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas PPNS,” urainya.

Baca Juga:  Imigrasi Surabaya Tolak 47 WNA Masuk Indonesia, Ini Alasannya

Kepada JFT, Susy berpesan agar JFT bisa menjadi motor utama dalam membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik yang diberikan. Untuk mencermati dan menghadapi tantangan tersebut, para JFT harus segera menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan strategis.

“Kita semua harus cepat, tanggap dan semangat dalam merespons tuntutan dan harapan masyarakat,” tegasnya. (Red).