Kadiv Imigrasi Jatim Buka Kegiatan Monev Tim Penilaian JFT

SURABAYA – Peningkatan kualitas petugas Keimigrasian terus ditingkatkan. Hari ini (3/10), Kanwil Kemenkumham Jatim bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi, melaksanakan monitoring dan evaluasi tim penilaian Jabatan Fungsional Tertentu (JFT).

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari tersebut diikuti oleh Pejabat Fungsional Analis Keimgrasian dan Pemeriksa Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim, Bali, NTB dan NTT.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Divisi Imigrasi Pria Wibawa. Dalam sambutannya Pria mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas Pegawai Imigrasi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya

Baca Juga:  Tingkatkan Keamanan dan Ketertiban, Lapas Sidoarjo Razia Rutin Kamar Hunian Napi

“Diharapkan nantinya akan dapat memberikan pengetahuan dan menambah kemampuan serta kesamaan pola pikir tentang tugas dan fungsi serta penyusunan DUPAK maupun penilaian dalam Jabatan Fungsional Analis Keimigrasian maupun Pemeriksa Keimigrasian,” urainya.

Ada dua materi yang disampaikan dalam kegiatani ini yaitu Internalisasi peraturan berkaitan dengan jabatan fungsional analis keimigrasian dan Internalisasi tata cara penilaian jabatan fungsional analis keimigrasian dan pemeriksa keimigrasian.

Pria juga menjelaskan bahwa dasar dari jabatan fungsional ini ada pada UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang jabatan ASN yang terdiri terdiri dari Jabatan Administrasi, Jabatan Fungsional dan Jabatan Pimpinan Tinggi.

Baca Juga:  Dampingi Dirlantaskim, Kakanimsus Surabaya Berikan Souvenir Kepada Jamaah Haji Embarkasi Surabaya

Menurutnya Jabatan Fungsional adalah sekelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu.

“Dalam implementasi di jajaran Imigrasi menjadi Analis Keimigrasian untuk jabatan yang berdasarkan keahlian dan Pemeriksa Keimigrasian untuk jabatan yang berdasarkan Keahlian,” tandas Pria. (AF).