Kades Samaran: Pelayanan Paspor di Kanim Pamekasan Semakin Baik

PAMEKASAN – Kepala Desa Samaran, Kecamatan Tambelangan, Sampang, H. Muhammad Urip, memberikan apresiasi kepada Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Pamekasan, karena pelayanan pengurusan paspor saat ini sudah lebih bagus dibandingkan sebelumya.

“Sistem layanan dokumen keimigrasian baik paspor maupun izin tinggal bagi para warga asing telah mengalami perbaikan cukup signifikan, jauh lebih baik dibandingkan tahun dulu, sebelum Pak Usman (Kakanim sekarang,red) menjabat,” kata Urip, saat sedang mengurus paspor di Kanim Pamekasan, Senin (4/3/19).

Menurut Urip, salah satu perubahan pelayanan yang terlihat adalah sistem pembuatan paspor sudah online. “Jadi jika kita mau memperpanjang paspor bisa dilakukan dari tempat atau daerah lain,” katanya.

Baca Juga:  Resmikan ULP di Lippo Mall Kemang, Dirjen Imigrasi: Ini Terobosan Pelayanan

Kalau dahulu, lanjut kata Urip, untuk membuat paspor harus dilakukan di daerah tempat berdomisili. Tapi sekarang ini dimana saja yang penting ada kantor Imigrasi, bisa diurus dari situ, kata dia.

Urip juga memuji kualitas pelayanan Kanim Pamekasan yang juga cukup mengembirakan adalah waktu penerbitan paspor minimal tiga hari setelah foto, buku paspor sudah bisa diambil oleh pemiliknya.

“Pelayanan paspor dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup mengembirakan. Namun masih ada yang harus dibenahi segera ialah menyangkut ruangan gedung Kanim Pamekasan yang sudah layak harus diganti, serta peralatan masih belum mendukung dan memadai,” ujarnya.

Baca Juga:  Kadiv Imigrasi Jatim Tegaskan Perangi Pungli

“Gedung pelayanan paspor yang ada di Kanim Pamekasan sudah tidak memadai sehingga perlu ditingkatkan atau dibangun baru,” tandasnya. (pank).