Jogo Jawa Timur, Tiga Pilar Ajak Masyarakat Ngontel Bareng

SURABAYA – Masyarakat Jawa Timur terlihat antusias mengikuti acara Ngontel Bareng Tiga Pilar yang berlangsung digelar di UMKM Jembatan Suramadu Bangkalan, Madura, Minggu (22/9/2019). Acara ini sendiri diselenggarakan dalam rangkah HUT Lalu Lintas dan TNI.

Pada kesempatannya, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan digelarnya acara tersebut bertujuan sebagai sinergitas TNI-Polri dengan menggandeng masyarakat Jawa Timur untuk menjaga kerukunan.

“Ini bentuk sinergitas TNI dan Polri, kami tunjukkan kepada masyarakat di Jawa Timur dengan menggunakan keanekaragaman budaya. Jadi pagi hari ini budaya dari sabang sampai merauke hadir semuanya,” kata sambutan Kapolda Irjen Luki Hermawan dengan didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Kasdam V Brawijaya yang juga turut mengikuti Ngontel Bareng, (22/9).

Baca Juga:  Heran Disambati Belasan Pedangang Asal Sidoarjo Jawa Timur, Habib Hasan: Saya Kan Orang Solo?

Dari pantauan LimaMenit dilokasi, acara Ngontel bareng diikuti kurang lebih 6000 masyarakat dari berbagai Kabupaten dan Kota di Jawa Timur untuk mencapai finish di Lapangan Makodam V Brawijaya Surabaya ini, peserta harus mengayuh sepedanya kurang lebih 65 Kilometer.

Sebelum diberangkatkan, masyarakat terhibur dengan penampilan dari anggota Polres Pelabuhan Tanjung Perak dipimpin oleh Kapolres yang mengenakan pakaian adat Papua ini membawakan tarian Poco-Poco.

Uniknya, dalam acara Ngontel bareng masyarakat memakai berbagia pakaian adat dari Sabang sampai Meraoke. Diantaranya seperti Jawa, Sumatera, Sulawesi hingga Papua.

Baca Juga:  Dua UPT Jajaran Kemenkumham Jatim Raih Penghargaan Penyerapan Anggaran Terbaik

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga berpesan, pada momen bersepeda ini untuk mempererat kebersamaan. Agar masyarakat di Jawa Timur tetap guyub serta rukun.

Saat di finish, ribuan peserta gowes dihibur oleh Group band gabungan TNI-Polri dan bagi-bagi ratusan doorprize. (Ady)